Unduh Aplikasi

Galian C di Aceh Utara Kian Merajalela

Galian C di Aceh Utara Kian Merajalela
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE - Kerusakan alam akibat galian C ilegal di Aceh Utara sudah masuk level membahayakan, terutama di kawasan aliran bantaran sungai. Adapun titik terparah antara lain, Krueng Sawang sudah masuk daftar merah, Nisam, Langkahan, Paya Bakong dan Alue Leuhob, Aceh Utara.

“Sejauh ini pihak Badan Lingkungan Hidup (BLHK) Aceh Utara sudah laporkan temuan itu ke Polres Lhokseumawe dan Aceh Utara, untuk dilakukan pengawasan, karena kami dari BLHK tidak bisa melakukan penindakan,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Aceh Utara, Nuraina kepada AJNN, Jumat (18/11).

Nuraina menambahkan, untuk Krueng Sawang sudah masuk level merah, artinya tidak bisa lagi dilakukan galian, karena kerusakannya sudah diambang level membahayakan lingkungan ekosistem alam.

“Kami berharap pihak polisi untuk segera menindak galian C yang ilegal, sedangkan untuk galian C resmi jangan ditindak, karena mereka dalam pengawasan BLHK dan hanya mengambil galian untuk kebutuhan pembangunan daerah lokal,” ujar Nuraina.

Dari dampak galian C ilegal, kata Nuraina, adalah kerusakan alam yang bisa merusak ekosistem lingkungan, seperti lahan yang sudah dikeruk tidak bisa lagi diolah untuk kegiatan pertanian serta perkebunan, krisis air dan bencana alam.

Komentar

Loading...