Unduh Aplikasi

Gali Sumur Bor, Lumpur Berbau Gas Menyembur

Gali Sumur Bor, Lumpur Berbau Gas Menyembur
Seorang warga menunjukkan semburan lumpur bercampur gas di Lhoksukon, Aceh Utara. Foto: Safrizal
ACEH UTARA - Kediaman Sulaiman, warga Desa Gampong Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, Senin (25/4), mendadak ramai saat warga setempat mendengar kabar lumpur gas menyembur dari galian sumur bor di halaman rumah itu.

Penggalian sumur bor ini adalah inisiatif warga untuk mendapatkan air. Sebagian besar sumur warga kering akibat kemarau. Saat mata bor mencapai kedalaman 30 meter, tiba-tiba saja terdengar suara aneh dari dasar sumur itu. Kemudian warga pun menghentikan pengeboran.

Tak lama berselang, tiba-tiba lumpur berbau gas menyembur dari lubang sumur. Warga pun sempat panik dan berlarian dari lokasi. Semburan gas itu mencapai ketinggian 15 meter dan menghancurkan bagian dapur rumah Sulaiman.

Akibat semburan lumpur dan gas itu, galian sumur dihentikan. Polisi yang datang ke lokasi galian langsung memasang garis polisi untuk menghindari warga yang semakin ramai, penasaran ingin melihat sumur itu.

Geuchik Gampong Blang Aman, M Thaib, mengatakan semburan lumpur berbau gas itu baru kali ini terjadi di kawasan ini. Dia langsung melaporkan hal ini kepada kepolisian, pemadam kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh Utara.

Kepala Polres Aceh Utara AKBP Achmadi, seperti dikutip Kabag Ops Akp Edwin, meminta masyarakat tidak mendekati lokasi semburan gas. Kepolisian juga meminta Dinas Pertambangan dan Energi Aceh Utara untuk meneliti kejadian ini. Polisi khawatir akan ada ledakan susulan yang dapat membahayakan warga. Sebagian warga yang tinggal dekat lokasi semburan gas tersebut juga telah dievakuasi.
Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...