Unduh Aplikasi

Gaji Perangkat Gampong Setara Pegawai, Sekda Pijay: Kantor Keuchik Wajib Beroperasi

Gaji Perangkat Gampong Setara Pegawai, Sekda Pijay: Kantor Keuchik Wajib Beroperasi
Sekda Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh. Foto: AJNN.Net/Muksalmina

PIDIE JAYA - Perangkat gampong yang terdiri dari kepala desa (keuchik), sekretaris desa (sekdes), kaur dan kasi, mulai Januari 2020 akan menerima gaji setara bahkan lebih dari gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II/a.

Meski hampir seluruh gampong dalam Kabupaten Pidie Jaya telah memiliki kantor keuchik, tetapi pelayanan masyarakat di tingkat gampong kebanyakan dilakukan diluar kantor desa, dengan kata lain, selama ini banyak kantor keuchik di Pidie Jaya tidak beroperasi.

Namun dengan sejalannya keanikan gaji perangkat gampong, Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya, Abd Rahman Puteh meminta kepada kepala desa untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan di masing-masing kantor keuchik.

"Mulai saat ini, pelayanan kepada masyarakat oleh perangkat gampong harus di kantor keuchik. Kantor keuchik wajib beroperasi," kata Abd Rahman Puteh kepada AJNN via seluler, Kamis (2/1).

Baca: Mulai Tahun 2020, Gaji Perangkat Gampong Setara dengan Pegawai

Lanjutnya, mulai pekan depan, Pemkab Pidie Jaya akan melakukan sosialisasi kepada setiap gampong mengenai hal tersebut.

"Minggu depan akan kita mulai sosialisasi, yang intinya, pelayanan masyarakat di gampong wajib di kantor keuchik. Jikapun masih terdapat gampong yang belum memiliki kantor keuchik, tapi juga wajib memberi pelayan yang terbaik kepada masyarakat," terangnya.

Namun, kendatipun gaji perangkat gampong setara dengan gaji pegawai, pihaknya tidak membatasi jenjang pendidikan untuk menjadi kaur, kasi, bahkan sekdes.

"Perangkat gampong ini kan dipilih oleh keuchik, jadi keuchik akan memilih siapa pun yang mampu dan dapat menampinginya guna memberi pelayanan kepada maayarakat. Sejauh ini kita belum menetapkan batas jenjang pendidikan untuk menjadi seorang perangkat gampong," jelas Sekda Pidie Jaya.

Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...