Unduh Aplikasi

Gajah Mati di Aceh Timur Diduga Makan Racun

Gajah Mati di Aceh Timur Diduga Makan Racun

ACEH TIMUR - Tim medis gabungan yang terdiri dari pawang gajah (Mahout), dokter hewan dan polisi hutan yang didampingi oleh Polres Aceh Timur melakukan autopsi terhadap bangkai gajah yang mati di kawasan persawitan Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak Aceh Timur, Sabtu (18/11).

Autopsi tersebut dilakukan guna mengetahui penyebab kematian gajah betina itu di kawasan tersebut.

Baca: Satu Ekor Gajah Ditemukan Mati di Perkebunan Sawit Aceh Timur

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Genman Hasibuan mengatakan, berdasarkan hasil identifikasi bahwa gajah yang mati tersebut diduga akibat memakan racun. Namun ia mengakui tidak memgetahui jenis racun apa yang dimakan oleh gajah itu.

"Ini diperlukan autopsi dan pengambilan organ tubuh seperti jantung, hati, limpa untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut, jenis racun apa yang dimakan, tim medis akan membawa sampel ke laboratorium," kata Genman.

Untuk diketahui, kematian gajah di kawasan Aceh Timur bukan kali ini saja terjadi. Bahkan Minggu (17/4/2016) juga pernah ditemukan gajah yang mati di area perkebunan sawit PT Dwi Kencana Semesta (DKS). Bahkan tim dari BKSDA juga pernah turun ke lokasi untuk mengidentifikasi bangkai gajah, namun hingga kini belum ada hasil yang diperoleh untuk mengungkapkan misteri kematian gajah tersebut.

Komentar

Loading...