Unduh Aplikasi

Disbudpar Aceh Gagas Terbentuknya Aceh Digital Tourism

Disbudpar Aceh Gagas Terbentuknya Aceh Digital Tourism
Foto: Disbudpar Aceh

BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, menggagas terbentuknya Aceh Digital Tourism. Tujuannya, mempromosikan pariwisata Aceh ke dunia luar, menggunakan platform media digital.

Keseriusan ini ditunjukkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin dengan menggelar acara makan siang bersama dengan puluhan Content Creator dan Komunitas Startup di salah satu restoran kawasan Seutui, Banda Aceh, Rabu (12/2).

Kata Jamal, sesuai dengan arahan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, Disbudpar akan meningkatkan penggunaan media digital sebagai salah satu platform untuk menggerakkan promosi pariwisata.

"Oleh karena itu, kami membangun komunikasi dengan komunitas industri kreatif digital dengan harapan bisa bekerjasama mempromosikan destinasi pariwisata Aceh," ujar Jamal di Banda Aceh, Rabu (12/2).

Jamal menambahkan, Pemerintah Aceh memiliki 100 calender of event di tahun 2020, dan kita memiliki pokus di 4 kawasan destinasi, yaitu Sabang, Banda Aceh, Dataran Tinggi Gayo dan Aceh Singkil.

"Perfoma pariwisata Aceh tahun 2019, mengalami pertumbuhan sekitar 0,7 persen untuk wisatawan asing dan 5,77 persen untuk wisatawan domestik," ungkapnya.

Menindaklanjuti rencana kerjasama tersebut, Penasehat Khusus Plt. Gubernur Aceh bidang Kebudayaan dan Pariwisata, Rahmat Hasbi, yang turut menfasilitasi pertemuan itu, menegaskan Dispudpar akan membuat skema pariwasata Aceh dalam bentuk 'Aceh Digital Tourism'.

Kolaborasi Pemerintah Aceh, dalam hal ini Disbudpar dengan komunitas industri kreatif digital yaitu dengan menghadirkan tata kelola informasi dan promosi pariwisata yang terpadu serta memiliki dampak lebih luas berbasis platform digital.

"Agar data kepariwisataan Aceh akurat dan real time, sehingga skema ini akan menjadi rujukan yang tepat bagi pemerintah Aceh dalam mengambil keputusan,” tutup Rahmat.

Iklan Kriyad

Komentar

Loading...