Unduh Aplikasi

Gagalkan Narkoba, Sipir Lapas Diberi Penghargaan

Gagalkan Narkoba, Sipir Lapas Diberi Penghargaan
Salah satu petugas yang mengagalkan penyeludupan ganja di Lapas Banda Aceh. Foto; Tommy.

BANDA ACEH - Kementerian Hukum dan HAM Aceh memberikan penghargaan kepada petugas Sipir di Lapas Banda Aceh yang berhasil menggagalkan upaya penyeludupan narkoba ke dalam lapas.

"Kita memberikan penghargaan kepada petugas Lapas yang berhasil menggagalkan masuknya narkoba ke dalam lapas Banda Aceh," kata Kakanwil Kemenkumham Aceh, Lilik Sujandi, Kamis (3/10).

Ia menyebutkan sejak dua bulan terakhir, petugas berhasil mengamankan sejumlah narkoba jenis sabu dan ganja yang dibawa oleh pengunjung.

"Pada Agustus lalu, dua petugas sipir kita berhasil mengamankan sabu yang hendak di bawa masuk oleh pengunjung, begitu juga yang terjadi kemarin seorang ibu rumah tangga ketahuan membawa ganja oleh petugas bernama Ika Putri dan kasus itu sudah diserahkan ke pihak Kepolisian," jelasnya.

Pada 30 September 2019, petugas rumah penyimpangan benda sitaan negara (Rupbasan) berhasil menemukan 54 bal ganja di dalam kendaraan sitaan titipan Kejari Banda Aceh.

Selain menggagalkan upaya penyeludupan narkoba, kata Lilik, petugas sipir juga pernah mengagalkan upaya percobaan melarikan diri warga binaan di lapas.

"Kejadiannya terjadi di akhir Agustus 2019, dimana ada beberapa orang narapidana mencoba kabur dan berhasil dicegah oleh petugas Sipir," ujarnya.

Ia juga menyebutkan saat ini pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kalapas dan Karutan untuk memperketat penjagaan untuk meminimalisir masuknya narkoba di lapas dan Rutan.

"Kita juga akan memberikan sanksi tegas terhadap pegawai yang terlibat narkoba," ungkapnya.

Komentar

Loading...