Unduh Aplikasi

Fraksi Ramping DPRK Abdya

Fraksi Ramping DPRK Abdya
Sekwan membacakan keputusan DPRK Abdya. Foto: AJNN.Net/Fakhrul Razi Anwir

ACEH BARAT DAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar rapat paripurna pembentukan dan penetapan fraksi di ruangan sidang utama DPRK setempat, Selasa (29/10).

Fraksi yang terbentuk cukup ramping, dimana dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto itu terbentuk dua fraksi yaitu Fraksi Abdya Hebat dan Fraksi Abdya Sejahtera.

Sekretaris DPRK Abdya, Salman mengatakan fraksi ramping tersebut terbentuk karena berdasarkan hasil pemilu legislatif tahun 2019, tidak ada partai politik yang memperoleh 4 kursi sebagai syarat minimal pembentukan satu fraksi.

“Hasil pileg lalu, tidak ada satu partai pun yang memenuhi ketentuan itu. Paling banyak, dalam satu parpol hanya memperoleh 3 kursi saja,“ kata Salman kepada AJNN, Selasa (29/10).

Ia juga membenarkan jika fraksi DPRK Abdya, tahun ini lebih ramping jika dibandingkan dengan jumlah fraksi pada periode 2014 lalu, yakni sebanyak 3 Fraksi. Namun, saat itu Partai Aceh memiliki suara dominan dan berhak membentuk satu fraksi.

Lanjut Salman, berdasarkan ketentuan Undang-Undang nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dalam pasal 36 ayat (3) disebutkan, apabila partai politik tidak memenuhi jumlah kursi minimal untuk membentuk fraksi, maka parpol diharuskan membentuk Fraksi Gabungan di DPRK Abdya.

“Dan Partai yang berhak membentuk fraksi ini adalah partai dengan urutan satu dan dua yang memperoleh suara terbanyak, yaitu Partai Demokrat dan PNA (Partai Naggroe Aceh),“ terangnya.

Pembentukan dan penetapan fraksi DPRK Abdya masa jabatan 2019-2024 ini, juga telah ditetapkan dalam Keputusan DPRK Abdya nomor 16 tahun 2019. Berikut merupakan nama fraksi dan anggota fraksi yang dibentuk DPRK Abdya, yaitu:

Fraksi Abdya Hebat
1. Syarkawi (Demokrat), Ketua
2. Yusran (Nasdem), Wakil Ketua
3. Zul Ilfan (PKB), Anggota
4. Nurdianto (Demokrat), Anggota
5. Muslim, S.Pd (Nasdem), Anggota
6. Syamsul Rizal, SP (Nasdem), Anggota
7. Syaripuddin (Demokrat), Anggota
8. Teuku Junardi (PKB), Anggota

Fraksi Abdya Sejahtera
1. Anton Sumarno, SE (PNA), Ketua
2. Munandar (PAN) Wakil Ketua
3. Agusri Samhadi, S.HI (Golkar) Sekretaris
4. Syarifuddin (PNA) Anggota
5. Hendra Fadhli, SH (PA) Anggota
6. T Cut Rahman (PNA) Anggota
7. Dina Afridha, S.Pd (PA) Anggota
8. Sardiman (PA) Anggota
9. Said Abbas (PAN) Anggota
10. Ikhsan (PAN) Anggota
11. Justar Ys (Golkar) Anggota
12. H Munir H Ubit (Golkar) Anggota
13. Yulizar (Gerindra) Anggota
14. Zulfan, SP (Gerindra) Anggota
15. Usman IA (PKS) Anggota
16. Julinardi (Hanura) Anggota
17. Hamdani JB (PPP) Anggota.

Komentar

Loading...