Unduh Aplikasi

Fraksi Demokrat Perubahan di DPRK Aceh Singkil Terancam Bubar

Fraksi Demokrat Perubahan di DPRK Aceh Singkil Terancam Bubar
Viva bendera, Foto : Viva
ACEH SINGKIL - Buntut Perpecahan Fraksi Golkar DPRK Aceh Singkil berimbas pada Fraksi Demokrat Perubahan, jika tak kuat lobi fraksi ini akan terancam bubar.

Hal itu terjadi, lantaran sejumlah partai yang keluar dari kongsi Golkar di kabarkan akan membangun koalisi dan membentuk fraksi baru. Bahkan Partai Nasdem yang semula berada di dalam Fraksi Demokrat Perubahan dikabarkan akan turut bergabung ke fraksi baru itu.

Jika itu terjadi, Fraksi Demokrat Perubahan akan bubar lantaran jumlah kursinya tinggal 3 dan itu milik Demokrat sendiri, jumlah itu tak cukup untuk memenuhi persyatan sebuah fraksi minimal 4 kursi.

"Nasdem udah layangkan surat ke pimpinan yang menyatakan keluar dari fraksinya, makanya tergantung lobi Demokrat sekarang, bisa gak dia narik partai lain bergabung," sebut sumber di DPRK yang tak mau di sebut namanya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Demokrat Aceh Singkil, H. Agustizar membenarkan adanya kabar keluarnya Nasdem dari koalisi. Namun secara resmi, ia mengaku belum menerima surat pengunduran Nasdem dari koalisi yang dibangunnya.

"Katanya begitu, tapi kita belum terima surat resminya, kita lihat nanti aja," kata Agus.

Sementara itu, Frida Siska Sihombing.STP dari PKB membenarkan jika mereka yang keluar dari golkar sepakat akan membentuk fraksi baru, kini mereka hanya tinggal menunggu paripurna yang akan membahas perubahan fraksi dan AKD.

"Pimpinan besok akan duduk membicarakan persoalan ini, kita berharap paripurna segera di laksanakan," terang Siska.

Sebagai catatan, partai yang menyatakan keluar dari fraksi golkar jumlahnya ada 6 yaitu PA, PKB, PDIP, PPP, PBB dan PDA dengan total memiliki 8 kursi. Jika Nasdem ikut bergabung, maka akan ada tambahan 2 kursi lagi, dengan demikian, keinginan membuat fraksi baru itu bukan isapan jempol, kuncinya ada di Demokrat.

Apabila mereka mampu melobi 1 partai saja untuk menggantikan Nasdem. Maka fraksi baru itu tidak akan pernah ada, sebab sesuai aturan fraksi gabungan partai hanya boleh ada 2, saat ini, sudah Ada Fraksi Amanah dan Demokrat Perubahan.

|EDI

Komentar

Loading...