Unduh Aplikasi

Forum Masyarakat Geumpang Mane Nyatakan Dukung Pembangunan PLTA Lutueng

Forum Masyarakat Geumpang Mane Nyatakan Dukung Pembangunan PLTA Lutueng
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE - Masyarakat Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie menyatakan mendukung rencana pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di kawasan pegunungan Gampong Luetung.

Jubir Forum Masyarakat Geumpang Mane (FM-Geuma), Jamaluddin melalui pres rilis yang diterima AJNN, Minggu (6/7) mengakatan, masyarakat Kecamatan Mane dan Geumpang pada prinsipnya mendukung rencana pendirian perusahaan yang ingin berinvestasi pada sektor PLTA.

“Kami menyatakan mendukung pendirian PLTA, sejauh itu dapat memberikan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Mane dan Geumpang dan memastikannya tidak memberi dampak negatif bagi lingkungan,” kata Jamaluddin.

Baca: WALHI Minta Plt Gubernur dan Bupati Pidie Tinjau Ulang Pembangunan PLTA Lutueng

Dia menambahkan, dengan terbangunnya PLTA, masyarakat Kecamatan Mane dan Geumpang kemungkinan dapat memperbaiki fasilitas infrastruktur publik dan tentunya penyediaan tenaga kerja.

“Dengan adanya investasi ini dapat tersedianya infrastruktur dasar dan penyediaan tenaga kerja termasuk potensi tersedianya lokasi berusaha (lokasi pariwisata) di sekitar lokasi genangan bendungan PLTA Lutueng nantinya,” ujarnya.

Tekait penyataan pihak Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Aceh bahwa wilayah rencana PLTA Luteung merupakan kawasan penambangan emas ilegal yang sampai hari ini masih aktif yang melibatkan 2064 penambang 297 lubang tambang yang berada di 850 Ha kawasan hutan lindung.

Jamaluddin menegaskan, itu sama sekali tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Apalagi kawasan yang potensi longsor, karena kawasan ini tidak dihuni oleh masyarakat dan tidak ada jalan akses yang memadai ke lokasi.

“Kami yakin WALHI tidak tahu lokasi PLTA Lutueng yang akan dibangun, apalagi sampai ke lokasi,” timpal Jamaluddin.

Selain itu, pernyataan WALHI yang menyatakan bahwa Qanun Kabupaten Pidie Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pidie Tahun 2014-2034 pasal 35 Gampong Lutueng diperuntukan pariwisata alam sebagai pusat konservasi gajah. Menunjukan lemahnya interpretasi dan pemahaman WALHI terhadap analisis fungsi ruang dan struktur ruang kawasan.

“Kami atas nama Forum Masyarakat Geumpang Mane, sekali lagi mengajak WALHI dan seluruh penggiat lingkungan, untuk berdiskusi dengan menyajikan data-data yang valid dan sumber terpercaya, bukan hanya berupa desk study semata apalagi hanya berbasis ilusi semata,” pinta Jamaluddin.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...