Unduh Aplikasi

Forum Gerakan Pelopor Ekonomi Syariah Resmi Terbentuk di Aceh

Forum Gerakan Pelopor Ekonomi Syariah Resmi Terbentuk di Aceh
Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Kapolresta Banda Aceh, Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto SH, dan Ketua Umum FG_PES Zulkifli Andi Govi. Foto: Ist

BANDA ACEH - Gerakan Pelopor Ekonomi Syariah resmi terbentuk di Aceh. Dewan pembina gerakan ini yakni Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman. Adapun Pengurus Harian Gerakan Pelopor Ekonomi Syariah yakni Ketua Umum, Zulkifli Andi Govi, Wakil Ketua Umum, Muhammad Syarif, Sektretaris Umum, Muhammad Yunus.

Ketua Umum Gerakan Pelopor Ekonomi Syariah Zulkifli Andi Govi mengatakan awal mula gagasan dan inisiasi lahirnya forum ini tidak terlepas dari peran pemuda yang konsen terhadap perkembangan ekonomi syariah.

"Gerakan ini digagas pada 01 Juni 2019, dan diberi FG PES. Gerakan ini berawal dari diskusi terhadap isu-isu perkembangan ekonomi syariah di Aceh, mimpi akhirnya agar ekonomi syariah di Aceh tumbuh dan berkembang pesat," ujarnya.

Menurutnya ekonomi syariah merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi dalam kacamata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang memiliki dimensi ibadah sekaligus teraplikasi dalam etika dan moral syariat Islam.

"Ekonomi syariah juga mendorong kesejahteraan untuk semua golongan. Guna mendongkrak pergerakan ekonomi syariah, yang dinilai sangat diperlukan edukasi, monitoring, evaluasi dan advokasi untuk mengsyiarkan pergerakan ekonomi syariah sampai keseluruh pelosok Aceh," jelasnya.

Ia mengharapkan forum ini bisa mensyiarkan pergerakan ekonomi syariah sampai keseluruh pelosok Aceh. Pasalnya ekonomi syariah mempunyai tujuan untuk memberikan keselarasan bagi kehidupan di dunia.

"Nilai Islam bukan semata-semata hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Esensi proses skonomi syariah adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang berlandaskan nilai-nilai Islam guna mencapai pada tujuan agama. Ekonomi Syariah menjadi rahmat seluruh alam, yang tidak terbatas oleh ekonomi, sosial dan budaya," ujarnya.

Selain itu, kata Zulkifli, forum ini akan dideklarasikan di akhir bulan Juli dengan merekrut 100 pemuda sebagai agent pelopor ekonomi syariah.

"Kami sedang melakukan persiapan deklarasi forum ini," kata Zulkifli.

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengharapkan agar gerakan ini menjadi sesuatu yang nanti bisa lebih banyak membuat promosi dan edukasi terhadap praktek ekonomi syariah di Aceh.

"Tujuanya akhirnya adalah ekonomi syariah menjadi lebih masif dan terintegrasi,” kata Aminullah Usman, yang juga peraih Enterpreunership Award 2018 di Jakarta.

Komentar

Loading...