Unduh Aplikasi

FORHATI Aceh Bagikan 200 Paket Sembako dan Masker untuk Ojol

FORHATI Aceh Bagikan 200 Paket Sembako dan Masker untuk Ojol
Pembagian sembako dan masker untuk Ojol. Foto: AJNN

BANDA ACEH - Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) Aceh menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada 200 pengemudi ojek online (Ojol) di Kota Banda Aceh.

Pemberian bantuan ini dilakukan bekerjasama dengan Koperasi Insan Cita (KIC) KAHMI Aceh dan menggandeng mustahik dampingan BAZNAS Microfinance Lampaseh Kota, Banda Aceh.

Ketua Majelis wilayah FORHATI Aceh, Amrina Habibie mengatakan virus Covid-19 telah mewabah di sebahagian besar wilayah Indonesia dan berdampak pada aktifitas sosial dan ekonomi masyarakat.

"Para pengemudi Ojol termasuk bagian masyarakat yang sangat merasakan dampak keterpurukan ekonomi akibat menurunnya daya beli dan penggunaan jasa layanan pesan antar mereka," katanya.

Bantuan yang diberikan FORHATI Aceh berupa paket sembako dan masker yang diserahkan secara bertahap. Adapun penyerahan bantuan tahap pertama dilaksanakan pada hari Kamis (2/4) di Koperasi Insan Cita Jl. T. Hasan Dek Komplek Pertokoan T. Raja Sabi No.07, Beurawe Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh.

Pembagian paket sembako dan masker tersebut dilaksanakan dengan mengindahkan protokol Covid-19 dimana para pengemudi Ojol tidak duduk berkumpul tetapi antri di motor masing-masing dengan menjaga jarak 1 (satu) meter. Setelah paket sembako diserahkan satu persatu mereka dipersilahkan meninggalkan tempat pembagian paket.

Dikatakan Amrina, Pemerintah dalam hal ini telah berusaha sekuat tenaga melakukan upaya-upaya penanggulangan wabah Covid-19, namun untuk hasil yang optimal upaya-upaya tersebut sangat membutuhkan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat.

"Dalam hal ini pemerintah perlu didukung oleh masyarakat luas agar penanggulangan Covid-19 ini berjalan efektif dan wabah ini cepat berakhir," katanya.

Untuk itu kata dia, sebagai salah satu organisasi perempuan di Aceh yang menaungi alumni HMI Wati di seluruh Aceh, FORHATI Aceh berinisiatif memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya pihak-pihak yang terkena dampak wabah Covid-19 ini dengan menggandeng para donator dari alumni HMI dan masyarakat umum yang ingin berbagi dengan sesama.

“FORHATI Aceh berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam berbagai aksi kemanusiaan sebagai salah satu wujud pengabdian insan cita yang mewarnai dan memberi kontribusi positif yang membangun," katanya.

Amrina menambahkan, bantuan paket sembako berupa beras, telur, minyak goreng dan gula disiapkan oleh Koperasi Insan Cita sedangkan masker kain merupakan kreasi kelompok usaha mustahiq dampingan BAZNAS Microfinance Lampaseh Kota.

"Diharapkan pemberian bantuan ini dapat membantu meringankan beban para pengemudi Ojol di kota Banda Aceh di tengah meluasnya dampak Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Insan Cita, Juliani Jacob menambahkan, ini saatnya seluruh anak bangsa bersatu, bergandeng tangan membantu pemerintah menanggulangi wabah Covid-19 dari hal-hal yang mudah terjangkau.

"Semoga semakin banyak orang yang peduli dan siap berbagi, khususya organisasi masyarakat dan swasta yang tergerak untuk melakukan aksi nyata agar permasalahan ini segera berakhir," sebutnya.

Komentar

Loading...