Unduh Aplikasi

Mahasiswa Tolak Abdullah Puteh sebagai Calon Gubernur

Mahasiswa Tolak Abdullah Puteh sebagai Calon Gubernur
PIDIE — Front Mahasiswa dan Rakyat Miskin untuk Keadilan (FMRK) menolak Abdullah Puteh sebagai kandidat Gubernur Aceh pada pilkada 2017 mendatang.

Koordinator FMRK, Firdaus Yusuf mengatakan, Abdullah Puteh tidak layak mencalonkan diri sebagai kandidat gubernur karena yang bersangkutan memiliki rekam jejak yang buruk.

“Sebagai sosok yang jelas-jelas terbukti sebagai pelaku tindak pidana korupsi, Abdullah Puteh kami kira tak patut untuk didukung oleh masyarakat dalam Pemilukada mendatang,” kata Firdaus Yusuf, Jumat (4/3) di Sigli.

Komisi Independen Pemilihan (KIP), kata Firdaus, harus lebih jeli dalam menelaah hal ini dengan mengacu pada apa yang telah tercantum dan diatur dalam regulasi.

“Mari bersama-sama kita telaah Pasal 7 huruf (g) dan (o) UU Pilkada, sebelum angin surga diembuskan ke masyarakat,”katanya.

Dia menyebutkan, dalam pasal 7 huruf g itu mengharuskan calon tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau lebih.

Sementara huruf O disebutkan calon belum pernah menjabat sebagai gubernur, bupati, dan wali kota untuk calon wakil gubernur, calon wakil bupati, dan calon wakil walikota.

SP

Komentar

Loading...