Unduh Aplikasi

FIFA Tolak European Super League

FIFA Tolak European Super League
IFA menolak European Super League. (HECTOR RETAMAL / AFP)

Badan sepak bola dunia, FIFA menolak kehadiran European Super League yang dianggap sebagai liga yang memisahkan diri dari Eropa.

FIFA buka suara soal pembentukan European Super League oleh 12 klub top Eropa. Akan tetapi, respons yang diberikan FIFA tidak sekeras UEFA.

Menurut Presiden FIFA, Gianni Infantino, European Super League tidak memiliki prinsip-prinsip yang selama ini terdapat di FIFA.

Sementara itu, FIFA mendukung pihak-pihak yang menjunjung tinggi solidaritas dalam mengembangkan sepak bola sebagai olahraga, khususnya di tingkat global.

Infantino juga menekankan badan sepak bola harus menggunakan semua cara yang sah, keolahragaan, dan diplomatik dalam setiap aktivitasnya.

"Dengan latar belakang ini, FIFA hanya bisa menyatakan ketidaksetujuan pada 'liga yang memisahkan diri dari Eropa' di luar struktur sepak bola internasional dan tidak menghormati prinsip-prinsip yang disebutkan di atas," ujar Infantino dikutip dari Mirror.

Terkait dengan polemik yang menjadi latar belakang terbentuknya European Super League, FIFA menyerukan kepada pihak terkait menggelar dialog dengan tenang, konstruktif, dan seimbang demi kebaikan sepak bola.

"FIFA, tentu saja akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang harmonis dalam kepentingan sepak bola secara keseluruhan," ucap Infantino.

Sementara itu, UEFA dengan tegas akan memberikan hukuman kepada tim-tim yang terlibat di European Super League.

Tidak tanggung-tanggung, selain dikeluarkan dari kompetisi domestik, peserta European Super League juga akan ditolak di turnamen level Eropa. Pemain yang tampil di European Super League juga dilarang membela tim nasional.

Belum cukup dengan hukuman tersebut, tim-tim peserta European Super League bisa menerima denda mencapai 60 miliar euro atau setara dengan Rp1.046 triliun.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...