Unduh Aplikasi

Fenomena Supermoon, Warga Aceh Diminta Waspada Banjir Rob

Fenomena Supermoon, Warga Aceh Diminta Waspada Banjir Rob
Imbauan BMGK tentang banjir Rob. Foto: Ist

ACEH BESAR - Mengawali tahun baru 2018, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap banjir genangan air laut di dataran atau Rob yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria menyebutkan peningkatan tingginya air laut pada 1-4 Januari 2018 akan terjadi di beberapa wilayah pesisir di Aceh adanya fenomena Perigee atau Supermoon. Fenomena ini akibat pergerakan bulan yang sangat dekat dengan bumi.

"Dengan fenomena ini gaya tarik bulan terhadap benda-benda yang ada di bumi lebih besar terutama air laut dengan begitu akan ada peningkatan gelombang laut," katanya, Senin (1/1).

Selain itu, kata Zakaria, hujan dengan intensitas rendah dan lebat juga akan terjadi dalam tiga hari. Ini disebabkan adanya pusaran angin didaerah Samudra Hindia di bagian Selatan Aceh.

"Hujan intensitas sedang dan lebat akan terjadi di wilayah, Simeulue, Aceh Jaya, Nagan, Aceh Barat, Aceh Selatan, Abdya, Singkil, Subulussalam, Tamiang, Aceh Timur dan Aceh Utara serta Bireun," jelasnya.

Fenomena Supermoon juga menyebabkan tingginya gelombang laut di beberapa wilayah yang mencapai satu hingga tiga meter terutama di wilayah pesisir Barat Selatan, Samudera Hindia Barat Aceh, Banda Aceh Sabang.

"Selain gelombang juga akan adanya peningkatan kecepatan angin terutama daerah Utara Aceh yakni daerah perairan Pidie, Sabang, Banda Aceh antara 5 sampai 40 Km/jam," ujarnya.

Akibat adanya fenomena ini, BMKG Blang Bintang mengimbau kepada masyarakat terutama nelayan untuk tetap waspada akan tingginya gelombang dan kecepatan angin yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan.

Komentar

Loading...