Unduh Aplikasi

Fenomena Puting Beliung Hebohkan Warga Aceh Jaya

Fenomena Puting Beliung Hebohkan Warga Aceh Jaya
Kemunculan angin puting beliung di Aceh Jaya. Foto: Suar

ACEH JAYA - Warga Aceh Jaya, dihebohkan dengan fenomena alam yang tiba-tiba muncul. Fenomena ini berupa kumpulan angin yang menyerupai tornado atau puting beliung, namun dalam ukuran kecil, Kamis (18/1) sekitar pukul 17.30 WIB.

Pantauan AJNN, kumpulan angin menyerupai tornado ini muncul dari arah laut dan kemudian menghilang di atas langit Aceh Jaya. Warga pun berhamburan ke jalan untuk menyaksikan serta mengabadikan momen langka itu.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBK Aceh Jaya Ismail mengatakan sesuai rilis BMKG memang akan terjadi angin kencang dan disertai petir di wilayah pantai barat selatan untuk beberapa hari kedepan.

Kemunculan angin puting beliung di Aceh Jaya. Foto: Suar

Dari hasil rilis FOD Stamet SIM Aceh, update peringatan dini cuaca Provinsi Aceh, 18 Januari 2018 pkl 17.30 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat dan dapat disertai kilat/petir denagn angin kencang di wilayah Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Nagan Raya, serta dapat meluas ke wilayah, Aceh Singkil, Subulussalam, dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pkl 20.30 WIB

"Rilis tersebut juga sudah kami sebarkan di media sosial, dan kami minta masyarakat tidak perlu panik dengan kejadian ini," kata Ismail kepada AJNN.

Awal tahun 2017 lalu, kata Ismail, angin puting beliung secara tiba-tiba juga pernah terjadi di Kecamatan Pasie Raya dan Darul Hikmah, Aceh Jaya. Kejadian itu juga menyebabkan beberapa rumah warga rusak ringan.

"Baru sekarang wujud puting beliung bisa dilihat warga, kalau tahun lalu tidak nampak, dan kejadiannya pun malam jika tahun lalu," ungkap Ismail.

Komentar

Loading...