Unduh Aplikasi

Fasilitas Umum Jadi Sarana Kampanye, Panwas Abdya Bakal Ambil Sikap

Fasilitas Umum Jadi Sarana Kampanye, Panwas Abdya Bakal Ambil Sikap
Tugu Simpang Cerana Blangpidie dipenuhi oleh alat peraga dan atribut partai pendukung para calon Bupati Abdya dan Gubernur Aceh. Foto: Julida Fisma

ACEH BARAT DAYA - Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengingatkan para tim pasangan calon bupati untuk tidak memamfaatkan fasilitas umum sebagai sarana kampanye.

"Kami sudah memberitahu dan ingatkan, baik lisan maupun tulisan kepada setiap tim pemenangan," kata Ketua Panwas Abdya, Idris SHI  kepada AJNN Rabu (9/11).

Peringatan tersebut tambahnya, sebagai bentuk pengawasan pihak panwas terhadap jalannya proses tahapan pemilukada yang sedang berjalan.

Baca: Fasilitas Umum di Abdya Jadi Sarana Kampanye Calon Kepala Daerah

"Dalam surat dan penyampaian lisan tersebut, kami meminta kepada tim pemenangan untuk menahan diri agar tidak memasang alat peraga kampanye disembarang tempat," ujar Idris yang mengaku saat iti sedang dalam perjalanan nenuju Banda Aceh.

Namun katanya, jika penyampaian tersebut tidak dihiraukan oleh tim pemenangan, seperti batas waktu yang ditetapkan, pihak penyelengara akan mengambil sikap tegas.

"Kami beri waktu satu minggu kepada tim untuk menurunkan alat peraga, jika tidak dihiraukan, pihaknya bersama dengan kepolisian dan Satpol PP yang akan menurunkannya," tegas Idris.

Waktu satu minggu yang diberikan oleh Panwas, merupakan bentuk dispentasi kepada setiap calon, hal itu dikarenakan pihak KIP Abdya belum menentukan titik-titik pemasangan alat peraga yang dibolehkan.

"Masalah ini sudah kami kordinasi dengan pihak KIP, namun hingga saat ini titik pemasanagan belum ditentukan," jelas idris.

Jikapun pihaknya harus melarang para calon kepala daerah untuk tidak memasang alat peraga hal itu justru akan memicu memungkinkan-kemungkinan lain.

"Satu sisi KIP belum tentukan titik pemasangan, kalau misalnya kami larang, mereka harus pasang dimana? Ini juga akan menimbulkan persoalan," ujarnya dengan sedikit bertanya.

Ia berharap agar tim pemenagan calon kepala daerah di Abdya, untuk sementara waktu bisa menahan diri sambil menunggu tempat titik pemasangan yang akan ditetapkan oleh KIP Abdya.

Komentar

Loading...