Unduh Aplikasi

Fakir Uzur di Pidie Jaya akan Dapat Uang Pensiun

Fakir Uzur di Pidie Jaya akan Dapat Uang Pensiun
ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA – 40 fakir miskin uzur di Kabupaten Pidie Jaya akan mendapatkan uang bulanan dari Baitul Mal setempat, terhitung sejak awal tahun 2017 mendatang.

" Uang ini seperti uang pensiunan, kita berikan kepada fakir uzur sampai mereka meninggal dunia," jelas Kepala BMK Pidie Jaya, Tengku Marzuki kepada AJNN, Jumat (25/11).

Jumlah uang yang akan diterima masyarakat fakir uzur itu sebanyak Rp 200 ribu perbulan.

Data fakir uzur diperoleh dengan cara menurunkan langsung tim Baitul Mal ke gampong-gampong. Setiap kecamatan akan dipilih lima orang fakir uzur.

"Sekarang kita masih dalam tahap pengumpulan data. Insyaallah awal tahun 2017 program uang pensiunan untuk fakir uzur ini sudah berjalan," katanya.

Dia berharap program itu akan terus berlanjut, dengan bertambahnya infak dan zakat baik dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun dari rekanan, akan bertambah pula penerima uang pensiunan untuk fakir uzur Baitul Mal Pidie Jaya.

Bantuan tidak hanya untuk fakir uzur, katanya, Baitul Mal Pidie Jaya juga menyerahkan bantuan kepada fakir miskin untuk modal usaha. Baitul Mal akan memberi bantuan modal kepada fakir miskin sebesar Rp 2 juta.
Modal usaha yang diberikan bukan merupakan pinjaman, tapi bisa disebut, 'orang lain membantu kita, kita bantu orang lain'.

“Caranya setiap tempat usaha yang diberikan modal, akan ditempatkan celengan, pemilik usaha diwajibkan menyumbang Rp 1.000 setiap hari,” katanya.

Komentar

Loading...