Unduh Aplikasi

Expo Ternak di Pekan Kebudayaan Aceh Barat, Ada Sapi Bali Seberat Satu Ton

Expo Ternak di Pekan Kebudayaan Aceh Barat, Ada Sapi Bali Seberat Satu Ton
ACEH BARAT - Sebanyak 95 pertenak di Aceh Barat mengikuti kegiatan expo ternak, dalam rangka memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh Barat (PKAB) ke-2 yang berlangsung di arena PKAB, Desa Suak Idrapuri, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat pada, jumat, (25/8). Kegiatan expo ternak dibuka langsung Bupati Aceh Barat Teuku Alaidinsyah.

Expo itu menghadirkan aneka ternak lokal seperti sapi Bali, sapi Aceh, kerbau, sapi Madura serta berbagai jenis ternak lainnya. Dalam expo tersebut juga menghadirkan sapi Bali seberat satu ton milik peternak kecamatan Mereubo.

Bupati Aceh Barat, Teuku Alaidinsyah mengatkan kegiatan tersebut diharapkan dapat menjamin ketersediaan ternak di kabupaten setempat sekaligus memotivasi masyarakat untuk memelihara ternak dengan baik dan berkualitas.

"Saya juga berharap expo ternak kali ini dapat memotivasi masyarakat dalam budidaya pembibitan dan penggemukan, sehingga produksi daging di daerah semakin lebih baik dan berkualitas," kata bupati.

Pembangunan pertanian, kata dia, bukan hanya mengejar target swasembada pangan asal nabati tetapi juga harus dapat menjamin kecukupan dan ketersediaan pangan asal hewani (daging) bagi seluruh masyarakat Aceh Barat. Mengingat kebutuhan konsumsi pangan asal hewani semakin meningkat maka dalam pemenuhannya harus dilakukan upaya yang berkelanjutan untuk peningkatan produktifitas ternak melalui penyediaan hijauan pakan ternak.

“Penyediaan bibit unggul melalui inseminasi buatan dan budidaya ternak yang baik, menggalakkan sistem peternakan untuk penggemukan sapi/kerbau," katanya.

Bupati berharap melalui upaya expo ternak tersebut dapat memberikan jaminan ketersediaan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) Maysrakat Aceh Barat dapat diandalkan sebagai modal pembangunan Kabupaten Aceh Barat.

Komentar

Loading...