Unduh Aplikasi

Erosi Sungai Kluet Kian Parah, Rumah Warga Siurai-Urai Dibongkar Paksa

Erosi Sungai Kluet Kian Parah, Rumah Warga Siurai-Urai Dibongkar Paksa
Foto: Ist

ACEH SELATAN - Satu unit rumah warga Desa Siurai-Urai Kecamatan Kluet Tengah, Kabupaten Aceh Selatan terpaksa dibongkar lantaran terancam ambruk ke sungai akibat erosi Sungai Kluet yang kian parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan, Cut Sazalisma, mengatakan rumah tersebut terpaksa dibongkar karena telah sangat dekat dengan tebing sungai.

“Rumah di Kluet teungah itu tepatnya di Desa Siurai-Urai terpaksa dibongkar karena telah dekat dengan tebing sungai dan nyaris ambruk,” kata Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Sazalisma.

Dikatakannya, saat ini Desa Siurai-Urai terancam hilang dari wilayah Kecamatan Kluet tengah akibat abrasi .

Hingga saat ini, kata dia, luas daratan yang terus amblas ke sungai mencapai 15 hingga 20 meter.

“Akibat dari longsoran tebing disebabkan erosi sungai Kluet di Desa Siurai-Urai kini semakin parah, daratan mulai terus amblas ke sungai,” ungkapnya.

Dikatakan Cut Sazalisma, belum lama ini tebing sungai tersebut memang sempat dibangun pengaman secara darurat dengan panjang 30 meter oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), namun tidak panjang sehingga saat debit air tinggi serta arus sungai yang deras membuat sungai diwilayah itu terus mengalami kerusakan.

Ia memperkirakan untuk pengamanan tebing sungai Kluet daerah lintasan Desa Siurai-Urai membutuhkan panjang satu kilometer untuk mencegah erosi.

Pemkab Bener Meriah _Ramadhan

Komentar

Loading...