Unduh Aplikasi

Erosi Ancam Tanaman dan Jalan Desa di Abdya

Erosi Ancam Tanaman dan Jalan Desa di Abdya
ilustrasi. Foto: Net

ACEH BARAT DAYA - Erosi Krueng (Sungai) Manggeng di Gampong Tokoh II, Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) makin parah.

Pasalnya, hantaman air dalam sungai tersebut terus mengerus dan merusak puluhan meter tebing yang berhubungan lansung antara jalan Desa dengan perkebunan warga setempat.

"Erosi Krung Manggeng saat ini semakain parah karena dari waktu-ke waktu terus mengerus tebing jalan dan perkebunan warga," kata Jasman warga Tokoh II kepada AJNN, Selasa (22/11).

Kondisi tersebut tambah Jasman, sudah terjadi sejak beberapa hari yang lalu kemudian diperparah dengan musim hujan yang terus mengujur Abdya.

"Sebenarnya kondisi itu memang tidak begitu lama, tetapi karena musim hujan pengikisan bibir sungai kian parah," ujarnya.

Menurut Jasman, pemicu parahnya erosi tersebut dikarenakan adanyan pembangunan tanggul pengaman tebing yang tidak seimbang.

"Seharusnya kalau dibuat tanggul pengaman tebing pada sisi daerah aliran sungai tidak masalah, tetapi yang dibangun cuma satu sisi saja sementara satu sisinya dibiarkan begitu saja," tururnya.

Kata Jasman, kondisi tersebut telah dilaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya agar tidak meluas dan cepat ditanggulangi.

"Kalau itu tidak dilakukan penanggulangan, maka dikhawatirkan pengikisan pada tebing sungai akan semakin meluas hingga sejumlah infrastruktur seperti jalan akan amblas ke dasar sungai dan kebun warga akan menjadi sasaran air," sarannya.

Komentar

Loading...