Unduh Aplikasi

Enggan Komentari Adi Laweung, Tarmizi Imbau Komunikasi Santun

Enggan Komentari Adi Laweung, Tarmizi Imbau Komunikasi Santun
Adi Laweung. Foto: dok

BANDA ACEH - Calon Gubernur Aceh Tarmizi Karim enggan mengomentari upaya Tim Pemenangan Zaini Abdullah-Nasaruddin (AZAN) melaporkan Suadi Sulaiman ke Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh. Suadi dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian yang disampaikan saat berorasi di Sabang.

"Yang berhubungan dengan tim sukses lain, saya tidak mengomentarinya. Itu dinamika politik," kata Tarmizi saat mengunjungi Sekretariat Bersama (Sekber) wartawan di Banda Aceh, Sabtu (19/11).

Baca: Kuasa Hukum AZAN Laporkan Adi Laweung ke Panwaslih Aceh

Begitupun, kata Tarmizi, setiap orang termasuk kontestan yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah, harus menghargai semua calon dengan menggunakan cara-cara beretika saat berkampanye.

Baca: Rekaman: Jubir Partai Aceh Sebut Irwandi dan Zaini Abdullah Laknat bagi Aceh

Menurut Tarmizi, semua elemen, termasuk para calon gubernur Aceh, harus berperan aktif dalam menciptakan suasana pemilu yang damai, sebagaimana komitmen yang disepakati bersama. Untuk itu tindakan yang dapat memicu kekerasan harus dihindari.

Baca: Tebar Ujaran Kebencian, Adi Laweung Diusul Copot

"Kepada rekan-rekan, saya selalu mengimbau agar tidak ada satu pihakpun yang terluka baik fisik maupun perasaannya. Keamanan itu bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri, tapi semua elemen, terutama para calon kepala daerah. Apa yang sudah ditandatangani harus disertai komitmen," kata Tarmizi.

Komentar

Loading...