Unduh Aplikasi

Energi Melimpah Komisi Antirasuah

Energi Melimpah Komisi Antirasuah

KOMISI Pemberantasan Korupsi seperti tak kehabisan tenaga. Lembaga ini terus melakukan tangkap tangan dan menjerat sejumlah orang yang diduga melakukan tindak pidana korupsi.

Yang paling menghebohkan tentu saja penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Penangkapan Edhy menunjukkan bahwa KPK berani bersikap meski berhadapan dengan tangan-tangan kekuasaan. 

Di satu sisi, penangkapan yang dilakukan KPK ini menimbulkan nyeri di hati. Bayangkan saja, pejabat di negara ini seperti tak bosan dan tak pernah takut untuk melakukan tindakan korupsi, pemerasan atau penyuapan. 

Belum tuntas perjalanan satu kasus, publik sudah disodorkan kembali ke kasus baru yang tak kalah menghebohkan. Sepertinya, semua pihak berlomba-lomba untuk melakukan korupsi. 

Di sisi lain, KPK menjadi penjaga api semangat masyarakat dalam bernegara. Konsistensi KPK menegakkan hukum menjadi sebuah pengingat bahwa masih ada harapan di negara ini. Menunjukkan bahwa masih ada lembaga yang dapat diharapkan sebagai penjaga harta negara. 

Tentu saja kita tak berharap KPK cepat puas. Karena masih banyak pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan. Keberadaan Harun Masikhu, atau dari Aceh ada nama Izil Azhar alias Ayah Merin. Dua orang ini adalah kepingan hilang dalam kasus-kasus penting tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK.

Tentu tak ada gading yang tak retak. Namun publik tetap berharap banyak terhadap KPK. KPK hendaknya lebih mengintensifkan operasi di daerah-daerah. Karena di daerah, seperti halnya di pusat, belenggu korupsi sudah sangat mengakar. Dan itu tak sanggup ditangani sungguh-sungguh oleh lembaga-lembaga penegak hukum yang ada. 

Komentar

Loading...