Unduh Aplikasi

Enam Titik Panas Terpantau oleh BMKG, Terbanyak Wilayah Aceh Selatan

Enam Titik Panas Terpantau oleh BMKG, Terbanyak Wilayah Aceh Selatan
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang mencatat masih ada enam titik panas yang dipantau di Aceh.

Kepala Seksi Data BMKG Kelas II SIM, Zakaria mengatakan, hingga pagi tadi, pihaknya memantau ada enam titik panas di Aceh diantaranya, tiga dari Aceh Selatan, dua di Aceh Singkil dan satu di Aceh Tenggara di Lawe Alas.

Lanjutnya, ada enam jumlah titik panas itu disusul dengan masuknya masa peralihan cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau.

"Sekarang curah hujannya semakin sedikit, kemudian suhunya juga meningkat sehingga banyak daun dari semak belukar mulai layu," kata Zakaria saat dihubungi AJNN, Senin (22/2/2021).

Ia mengatakan, hal tersebut juga menjadi pemicu akan mudahnya terjadi kebakaran hutan.

Lanjutnya, BMKG memprediksi masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan diperkirakan hingga akhir Maret atau awal April 2021.

"Di awal April atau di akhir Maret nanti mulai ada hujan sedikit sampai bulan Mei itu ada hujan ekuatorial," jelasnya.

Pola Hujan Ekuatorial sendiri adalah pola hujan yang terjadi di wilayah yang memiliki distribusi hujan bulanan bimodial dengan dua puncak musim hujan maksimum dan hampir sepanjang tahun masuk dalam kreteria musim hujan.

"Dimana ketika matahari berada di garis ekuator, maka akan ada sedikit hujan di daerah kita," ungkapnya.

Komentar

Loading...