Unduh Aplikasi

Enam Paguyuban Kecamatan di Aceh Jaya Tolak Mubes Ipelmaja 

Enam Paguyuban Kecamatan di Aceh Jaya Tolak Mubes Ipelmaja 
Hidayatullah ditetapkan sebagai ketua Ipelmaja Banda Aceh terpilih secara aklamasi. Foto: For AJNN

ACEH JAYA -  Enam dari sembilan kecamatan menolak Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Pelajar Mahasiswa Aceh Jaya (Ipelmaja) Banda Aceh ke VIII yang berlangsung di Aula Hotel Diana Banda Aceh pada Minggu (14/2) kemarin. Enam kecamatan tersebut menilai Mubes Ipelmaja itu cacat hukum.

Adapun ke enam paguyuban kecamatan yang menolak Mubes Ipelmaja itu yakni Ikatan Pelajar Mahasiswa Lamno (IPEMAL), Himpunan Mahasiswa Lamno Indra Jaya (HIMALAYA), Ikatan Pelajar Mahasiswa Sampoiniet (IPMS), Himpunan Pelajar Mahasiswa Darul Hikmah (HIPMAD), Ikatan Pelajar Mahiswa Krueng Sabee (IPELMAKS) dan paguyuban Ikatan Pelajar Mahasiswa Panga (IPELMAPA).

"Pernyataan penolakan terhadap hasil dan pelaksaan Mubes IPELMAJA Banda Aceh ke VII ini dibuat bersama yang ditandatangi oleh enam ketua paguyuan kecamatan dalam kabupaten Aceh Jaya," kata salah satu kandidat Calon Ketua Ipelmaja Banda Aceh, M Ilham Mansuridi kepada AJNN, Senin (15/2).

Oleh sebab itu, sambung Ilham, pihaknya juga meminta Pemkab Aceh Jaya bisa membuka ruang untuk berdiskusi dan merespon penolakan Mubes yang dilakuan oleh 6 dari 9 paguyuban kecamatan yang ada di Aceh Jaya," pungkas Ilham.

Baca: Hidayatullah Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Ipelmaja Banda Aceh

Pernyataan sikap enam paguyuban yang menolak Mubes Ipelmaja
 
1. Terkait dengan adanya panitia subtansi adminitrasi, yang di dapatkan di lapangan bahwa adanya panitia yang  memperhambat proses dalam registrasi para peserta mubes. Dan adanya spekulasi terhadap satu paguyuban yang sudah hadir dilokasi mubes, tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam forum mubes di karnakan keterlambatan untuk mengikuti sidang presidium mubes Ipelmaja. Padahal sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku (tatib mubes) masalah tersebut tidak di atur.
 
2. Terkait dengan paguyuban Hipmad yang tidak di izinkan masuk forum mubes dengan alasan tidak melengkapi persyaratan mubes, padahal secara legitimasi Hipmad sudah lengkap. Dengan ini ditemukan bahwasanya adanya perbuatan melanggar BAB  III tentang Hak dan Kewajiban pasal 8  tata tertib musyawarah besar Ipelmaja ke VIII.
 
3. Peserta Paguyuban Ipelmapa  yang berada di dalam forum mubes bukan peserta perwakilan paguyuban yang sah, karena tidak pernah dipilih oleh mahasiswa/mahasiswi yang sah. Dan ditemukan adanya pemalsuan surat keputusan (sk) dalam hal ini melanggar ketentuan secara yuridis  mubes IPELMAJA.
 
4. Dengan terpilihnya Ketua Ipelmaja Banda Aceh Tahun 2021-2023 secara aklamasi tidak sah dan  melanggar BAB VI Tentang QUORUM Pasal 13 dengan hal ini batal demi hukum dan dapat dibatalkan.

Komentar

Loading...