Unduh Aplikasi

Empat Warga Binaan Rutan Kajhu Kabur dengan Merusak Jeruji Besi dan Panjat Tembok

Empat Warga Binaan Rutan Kajhu Kabur dengan Merusak Jeruji Besi dan Panjat Tembok
Rutan kelas II B Banda Aceh. Foto; AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Empat orang warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Banda Aceh di kawasan Kajhu melarikan diri dengan cara merusak jeruji besi. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 05.15 WIB, Rabu (14/10).

Keempat warga binaan yang melarikan diri tersebut yakni Zuhri, Muliadi, Sulaiman dan Azmi Hanafiah. 

Kepala Rutan, Irhamuddin menyebutkan keempat warga binaan yang melarikan diri tersebut tiga orang berstatus tahanan dan satu orang narapidana. 

"Zuhri, Muliadi dan Sulaiman statusnya sebagai tahanan. Sementara Azmi statusnya narapidana yang telah divonis 14 tahun penjara. Ke empatnya terlibat kasus narkoba," kata Irhamuddin.

Ia menyebutkan keempat warga binaan tersebut menempati kamar karantina di blok A bersama tiga penghuni lainnya. Mereka juga pernah mencoba melarikan diri, sehingga di tempatkan di kamar isolasi untuk dilakukan pembinaan. 

"Keempat orang ini juga pernah berusaha kabur dari Rutan beberapa waktu lalu. Sedangkan, narapidana Azmi salah satu komplotan yang melarikan diri di Lapas Lambaro. " ujarnya. 

Tiga tahanan dan seorang narapidana di Rutan Kajhu diketahui kabur, kata Irhamuddin, saat seorang penghuni blok A berteriak dan petugas melihat mereka sudah tidak ada lagi di kamarnya. 

"Petugas melihat jeruji depan kamar telah di rusak oleh mereka. Setelah itu, mereka kabur dengan memanjat tembok menggunakan kain sarung," kata Irhamuddin. 

Kasus kaburnya empat warga binaan tersebut, kata Irhamuddin telah melaporkan ke pihak kepolisian setempat. Saat ini petugas rutan dan kepolisian masih mencari keberadaan mereka. 

"Petugas internal juga kita lakukan pemeriksaan atas kejadian ini," ungkapnya.

 

Komentar

Loading...