Unduh Aplikasi

Empat Tersangka Penyeludupan Rohingya Dilimpahkan ke Kejari Aceh Utara

Empat Tersangka Penyeludupan Rohingya Dilimpahkan ke Kejari Aceh Utara
Penyidik Polisi Daerah (Polda) Aceh Kamis (18/2) melimpahkan berkas perkara tahap II beserta empat tersangka penyeludupan manusia Imigran Myanmar etnis Rohingya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara. Foto: IST.

ACEH UTARA – Penyidik Polisi Daerah (Polda) Aceh Kamis (18/2) melimpahkan berkas perkara tahap II beserta empat tersangka penyeludupan manusia Imigran Myanmar etnis Rohingya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Utara. 

Ke-empat tersangka tersebut yakni, FAI (43) warga Aceh Utara, AB (34) warga Aceh Timur, AF (25), warga Aceh Utara dan SHA (37) Warga Negara Myanmar.

“Iya benar, hari ini kita sudah menerima tahap II pelimpahan tersangka dan barang bukti oleh penyidik Polda Aceh,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Utara, Pipuk Firman Priyadi kepada AJNN.

Baca: Berkas Perkara Penyeludupan Imigran Rohingnya Segera Diserahkan ke Jaksa

Lanjut Pipuk, kasus ini bermula dari informasi  masyarakat pada 30 Juni 2020 lalu, ada satu kapal KM Nelayan 2017-2018 berisikan etnis Myanmar di perairan Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh, yang dinahkodai oleh FAI dan dua ABK yakni AF dan AB.

“Ke-empat tersangka tersebut dijerat dengan pasal 120 ayat 1 undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp1.5 miliar,” ujar Pipuk.

Pihaknya juga sudah menunjukkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Kasi Pidana Umum, Yudi Permana, Simon, Mulyadi dan Hari Citra Kesuma. Dalam waktu tujuh hari ke depan setelah dibuat surat dakwaannya, akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Lhoksukon, untuk tahap persidangan.

“Sementara ke empat terdakwa dititipkan sementara waktu di Lapas Kelas II B Lhoksukon, untuk menunggu proses selanjutnya,” imbuhnya.

Komentar

Loading...