Unduh Aplikasi

Empat Ribu Hektare Lebih Tanaman Padi di Aceh Barat Terancam Rusak

Empat Ribu Hektare Lebih Tanaman Padi di Aceh Barat Terancam Rusak
Kondisi banjir di Aceh Barat. Foto: Dok BPBA

ACEH BARAT - Empat ribu hektare tanaman padi masyarakat di Kabupaten Aceh Barat, terancam rusak sebelum panen apabila hujan deras dengan yang menyebabkan banjir.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal menyebutkan luas tanaman padi mencapai 14 ribu lebih. Dan memasuki masa tanam rendengan atau saat musim hujan, biasanya semua petani melakukan tanam rendeng lantaran sawah di Aceh Barat merupakan sawah tadah hujan.

“Ancaman gagal panen tidak ada, namun ada sekitar empat ribu hektar sawah bisa saja terjadi tanaman rusak akibat dari rendaman air, seperti padi mengalami puso, jika banjir besar terjadi,” kata Safrizal, Kamis (31/10).

Ia menambahkan, saat ini warga mulai melakukan penyemaian benih. Baru-baru ini, ada sekitar tiga hektare sawah yang rusak karena usai disemai terendam banjir.

Saat musim penghujan, kata Safrizal, areal sawah masyarakat yang sering terendam terjadi di Kecamatan Johan Pahlawan, Woyla, Bubon, dan Samatiga.

Menurutnya padi masyarakat tidak akan bermasalah apabila rendaman air tidak berlangsung satu minggu atau hanya terendam dua hingga tiga hari.

"Jika padi tetap bertahan hingga masa panen, maka jumlah panen tahun ini sejak musim tanam gadu hingga rendengan mencapai 140 ribu ton," ungkapnya.

 

Komentar

Loading...