Unduh Aplikasi

Empat Provinsi Meriahkan Festival Budaya Etnik Serumpun di Sabang

Empat Provinsi Meriahkan Festival Budaya Etnik Serumpun di Sabang
Foto: Ist

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Sabang menggelar Festival Budaya Etnik Serumpun Sabang, bertempat di Dermaga CT-3 BPKS Sabang. Jum'at malam (30/8).

Event ini ikut dimeriahkan oleh beberapa provinsi lainnya di Indonesia, seperti perwakilan dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kalimantan Barat.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Daerah Pemerintah Kota Sabang, Syarbini mengatakan pelaksanaan Festival Budaya Etnik Serumpun merupakan ajang silarurrahmi dan juga kolaborasi adat budaya dan seni dari masing-masing daerah serumpun melayu nusantara.

“Festival ini juga sebagai perekat persaudaraan sesama melayu melalui seni dan budaya yang kita lihat sekarang ini telah terkikis akibat kemajuan jaman. Maka, perlu terus diangkat budaya-budaya dari leluhur untuk menjunjung paradaban bangsa," kata Syarbini dalam keterangannya kepada AJNN, Sabtu (31/8).

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang, Faisal menyampaikan, Festival Budaya Etnik Serumpun ini pertama dilaksanakan, diharapkan bisa menjadi even tahunan di Kota Sabang kedepannya.

Menurut Faisal, kegiatan ini cukup dirasa menarik, hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah daerah bahkan beberapa negara tetangga ikut serta dalam pagelaran festival ini. Antusias masyarakat Sabang juga sangat baik, dimana ribuan masyarakat Sabang ikut hadir menyaksikan.

"Pariwisata merupakan produk andalan di Sabang yang bisa kita perkenalkan, yang dipadukan dengan budaya, salah satunya yakni budaya melayu serumpun," pungkas Faisal.

ADV

Komentar

Loading...