Unduh Aplikasi

Empat Pesawat Tempur Akhiri Operasi Lintang di Aceh

Empat Pesawat Tempur Akhiri Operasi Lintang di Aceh
Pesawat Tempur F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dengan callsign “Rydder” persiapan kembali ke home base. Foto: Pentak Lanud SIM

ACEH BESAR - Setelah melaksanakan Operasi Lintas Elang Tahun 2017 selama tiga hari di Aceh, Pesawat Tempur F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru dengan callsign “Rydder” kembali ke home base.

Sebanyak empat pesawat tempur F-16 yang diawaki Danskadud 16 Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Pnb Nur Alimi, Kasiopslat Wing 6 Mayor Pnb Bambang Apriyanto, Kasilambangja Skadud Mayor Pnb Anwar Sovie, Danflightops A Skadud Kapten Pnb Anugrah, dan Lettu Pnb Nehemia Anang dilepas secara langsung oleh Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Suliono, S.Sos., di Shelter Lanud Sultan Iskandar Muda, Jumat (14/7).

“Terima kasih atas kerja samanya yang telah terjalin dengan baik antara Rydder dengan Lanud Sultan Iskandar Muda. Tentunya ada kekurangan dan kelebihan dalam segala hal, namun jadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi dan pengalaman kedepan,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda.

Menurut Danlanud Sultan Iskandar Muda, Aceh sebagai daerah yang terletak di ujung barat Indonesia menjadi salah satu daerah yang memiliki kemungkinan untuk masuknya “ancaman” bagi Indonesia, sehingga TNI Angkatan Udara menjadikan Aceh sebagai salah satu target patrol udara perbatasan saat ini.

Selain patroli pengamanan perbatasan, kehadiran Pesawat Tempur F-16 Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin menjadikan masyarakat Aceh merasa aman dan kagum ketika melintas di wilayah Aceh yang kemarin sedang digelar Aceh Police Expo 2017 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

“Itu juga menjadi salah satu daya tarik dan bentuk pengenalan alutsista TNI Angkatan Udara kepada masyarakat Aceh dan sekali lagi terima kasih Rydder atas partisipasi dan kerja samanya,” ujarnya.

Selain itu, Danlanud juga melepas satu Helly Super Puma Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja sebagai tim search and resque dalam operasi ini yang diawaki Mayor Pnb Tatag dan Letda Pnb Yogie beserta crew yang akan standby di Lanud Roesmin Nurjadin.
“Terima kasih atas kerjasamanya dan utamakan safety selama menjalankan tugas,” katanya.

Sementara itu, Danskadud 16 Letkol Pnb Nur Alimi mengatakan Rydder sangat terkesan dengan koordinasi, komunikasi dan pelayanan Lanud Sultan Iskandar Muda selama melaksanakan Operasi Lintas Elang 2017, sehingga misi berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala berarti.

Untuk diketahui operasi dilaksanakan sebagai bentuk pengamanan zona ekonomi eksklusif wilayah Indonesia bagian barat guna menekan tindakan pelanggaran batas wilayah serta mendeteksi segala hal yang mempu mengancam wilayah NKRI.

Komentar

Loading...