Unduh Aplikasi

Empat Imigran Rohingya dari Medan Datang ke BLK Lhokseumawe

Empat Imigran Rohingya dari Medan Datang ke BLK Lhokseumawe
Ibu dan anak yang baru datang dari Medan. Foto: AJNN/Sarina

LHOKSEUMAWE – Empat jiwa Imigran asal Myanmar etnis Rohingya yang tinggal di Medan, Sumatera Utara datang ke Balai Latihan Kerja (BLK) Meunasah Mee, Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Informasi yang dihimpun AJNN, ke empat Imigran Rohingya tersebut yakni, Jamila Bibi (ibu-ibu), Rubina Bibi (Bayi perempuan), Hazara (ibu-ibu) dan Usman Ghoni (anak-anak). Mereka juga mengantongi kartu UNHCR.

Ke empat Imigran Rohingya tersebut, diketahui sebelumnya juga tinggal di Hotel Pelangi, Medan, Sumatera Utara, lebih kurang sudah dua tahun lamanya. Anehnya, mereka sama sekali tidak pernah datang ke Lhokseumawe, namun tiba-tiba Minggu (2/5) pagi mereka sudah tiba di tempat penampungan tersebut.

“Jadi, kami mendapatkan kabar mereka datang ke BLK pada Minggu pagi, alasan kedatangan mereka ke sisni karena tidak ada lagi basis ekonomi yang mereka dapatkan, karena tidak ditanggung lagi oleh lembaga internasional terkait,” kata Program officer Geutanyoe Foundation, Khalik Mawardi, Selasa (4/5).

Lanjut Khalik, satu diantara empat mereka seorang ibu-ibu yang sedang hamil tua, dan tinggal menunggu hari melahirkan, selain itu kondisi perempuat itu juga alami sakit dibagian leher juga di bagia tubuhnya. Bahkan, anak mereka selama di Medan juga tidak mendapatkan akses pendidikan yang layak.

“Mereka mendapatkan informasi dari Imigran Rohingya yang sebelumnya tinggal disini, bahwa di Lhokseumawe banyak bantuan NGO dan masyarakat yang bisa didapatkan, sehingga kedatangan mereka kemari dengan harapan bisa mendapatkan akses makan dan kesehatan,” ujarnya.

Menurut, Khalik, mereka mengetahui lokasi BLK tersebut, dari angkutan umum yang ditumpanginya. Dan supir bus mengantarkan langsung ke lokasi yang mereka maksud (BLK Lhokseumawe).

“Saat ini di BLK Lhokseumawe tersisa 14 orang Imigran Rohingya, yang sebelumnya 10 orang dan ditambah baru datang empat orang,” imbuhnya.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...