Unduh Aplikasi

Ekses Banjir Aceh Jaya, Talud Sepanjang 33 Meter Roboh

Ekses Banjir Aceh Jaya, Talud Sepanjang 33 Meter Roboh
Kondisi talud yang roboh pasca dihantam banjir di Desa Keude Panga, Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA – Akibat banjir yang melanda Aceh Jaya sejak kemarin mengakibatkan talud sepanjang 33 meter di Dusun Kulam Awe, Desa Keude Panga, Kecamatan Panga roboh, Sabtu (26/10).

Asyari salah satu anggota Tuha Peut Gampong Keude Panga mengungkapkan talud yang dibangun pada tahun 2018 dengan APBG itu roboh sekitar 22.00 WIB, Jumat (25/10) malam.

“Kejadiannya malam Jum'at kemarin sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu genangan air dengan kedalaman lebih kurang 50 centimeter menghantam bibir talud,” terangnya.

Nanum, sambung Asyari, robohnya talud tersebut bukan disebabkan oleh aliran air dari dalam talud, melainkan aliran air dari darat yang menghamtam bibir talud dari luar.

“Bibir talud lebih tinggi dari permukaan tanah dan di daerah ini lebih rendah ke timbang di tempat lain, sehingga air dari daerah lain mengalir kemari," ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Keude Panga, Iwan P yang dikonfirmasi AJNN, menerangkan pihaknya sudah melaporkan kejadian tersebut ke pihak Inspektorat Kabupaten Aceh Jaya.

“Setelah mendapat laporan dari aparatur, saya lansung mengecek ke lokasi kemudian menyampaikan perihal kejadian tersebut ke Inspektoran,” tuturnya.

Namun, jika dilihat dari kondisi robohnya talud tersebut bukan dikarenakan terkikis oleh air melainkan akibat banjir kiriman yang menghantap bibir talud dari arah luar. Sedangkan soal tindak lanjut, pihaknya akan berkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

Komentar

Loading...