Unduh Aplikasi

Eksepsi Ditolak, Hakim Lanjutkan Perkara Penyebaran Video Ma’ruf Amin

Eksepsi Ditolak, Hakim Lanjutkan Perkara Penyebaran Video Ma’ruf Amin
Sidang lanjutan penyebar vidio Ma’ruf Amin di PN Lhokseumawe, Kamis (4/4). Foto: AJNN.Net/Sarina.

LHOKSEUMAWE - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lhokseumawe memutuskan untuk melanjutkan perkara penyebar vidio Ma’ruf Amin menggunakan pakaian Santa Claus yang dilakukan oleh terdakwa Tgk Safwan bin Muhammad Dahlan melalui putusan sela pada sidang ke-III di kantor tersebut, Kamis (4/4).

“Putusan sela, hakim menolak eksepsi yang diajukan penasehat hukum, dan perkara ini akan dilanjutkan,” kata Hakim Ketua, Estiono dalam ruang sidang Garuda PN Lhokseumawe tersebut.

Selain itu, hakim juga meminta kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menghadirkan tiga orang saksi dalam sidang lanjutan yang akan dilaksanakan pada Senin (8/4) mendatang.

“Kami minta JPU harus menghadirkan saksi sebanyak tiga orang pada sidang mendatang, kalau belum ada tiga minimal satu orang saksi, supaya penyelesaian perkara ini tersegerakan,” ungkap Hakim Ketua.

Menanggapi permintaan hakim tersebut, JPU Fakrillah mengatakan, waktu yang diberikan hakim untuk menghadirkan saksi-saksi tersebut sangatlah singkat.

Baca: Sanggahan Jaksa Terhadap Eksepsi Pengacara Penyebar Video Ma’ruf Amin

“Meskipun waktunya sangat singkat, namun masih memenuhi syarat yang diberikan yakni tiga hari sbelum sidang. Dan kita akan laksanakan sebaik-baiknya,” imbuh JPU.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa, Armia mengaku akan melakukan upaya hukum terhadap putusan sela yang disampaikan majelis hakim.

“Jadi hari ini meupakan penyampaian sanggahan dari JPU, dan mereka pasti akan mempertahankan dakwaannya tersebut, dan bagi kami itu merupakan hak JPU, silahkan saja,” kata Armia.

Armia mengaku terkejut karena majelis hakim langsung memberikan putusan sela, dan secara kebetulan juga dalam putusan sela majelis hakim tersebut sependapat dengan JPU, artinya menerima bantahan JPU sehingga perkara tersebut dilanjutkan.

“Kami dari penasehat hukum tentu mempunyai hak juga untuk mlakukan upaya hukum terhadap putusan sela tadi, putusan sela tadi adalah melanjutkan pemeriksaan kepada pokok perkara. Kami akan melanjutkan upaya hukum bersama dengan putusan akhir, tadi dalam sidang hakim meminta JPU melanjutkan perkara dan mereka harus bawa saksi pada sidang mendatang,” ungkapnya.

Langkah kuasa hukum selanjutnya, sambung Armia, terhadap saksi yang dihadirkan oleh JPU pada sidang mendatang, pihaknya akan mencerca dengan berbagai pertanyaan, sehingga saksi tersebut bisa mempertanggungjawabkan pernyataannya.

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...