Unduh Aplikasi

Ekonomi Aceh Timur butuh dukungan infrastruktur

ACEH TIMUR - Ada tiga sektor yang dominan yang memberi andil dalam pengembangan ekonomi Aceh Timur, yaitu pertanian, perkebunan dan perikanan. Namun tanpa dukungan infrastruktur yang memadai pengembangan ketiga sektor tersebut akan lambat.

"Aceh Timur adalah kawasan agraria, masyarakatnya bergantung hidup pada pertanian, perkebunan dan perikanan. Dukungan infrastruktur akan membuat pertumbuhan semakin cepat," kata Iskandar Usman Al-Ferlaky, anggota DPRA asal Aceh Timur, Sabtu (11/10) kepada AJNN.

Dia mencotohkan, kelangkaan solar yang pernah terjadi membuat nelayan sulit untuk melaut.Seharusnya pemerintah baik eksekutif dan legislatif tanggap dan sigap mencari solusi. Karena ketika nelayan tak bisa melaut, maka dia tak mendapatkan penghasilan, dengan kata lain kualitas ekonomi rakyat menurun.

Memang harus diakui produksi ikan di Aceh Timur sangat tinggi.  Bahkan tak jarang ketika ikan melimpah ruah banyak dibawa ke Medan, pasalnya di Aceh Timur belum ada tempat penyimpanan ikan (Cold Storage).

Namun selain infrastruktur berbentuk fisik, transfer knowledge atau pengetahuan juga sangat penting. Khususnya kepada petani harus diberikan ilmu tentang tatacara bercocok tanam yang baik. "Jika diberi uang dalam sehari sudah habis, namun jika diberi ilmu tentang bercocok tanam itu akan bertahan dan bahkan bisa diturunkan kepada anak cucu mereka, manfaatnya jangka panjang," tambahnya politisi Partai Aceh ini.

Karena itu dia berharap tim penyuluh aktif turun ke masyarakat untuk melakukan pendampingan, sehingga kemampuan petani dalam merawat tanaman semakin baik, yang nantinya hasil panen bisa meningkat. Beberapa komditi unggulan Aceh Timur, seperti sawit, karet dan tanaman lainnya.

ZUL JM

Komentar

Loading...