Unduh Aplikasi

Ecek-Ecek Jaga Jarak

Ecek-Ecek Jaga Jarak
ilustrasi: deezen

BERAGAM aturan dikeluarkan sejak pandemi corona. Bermacam imbauan disampaikan sejak korban covid-19 ini bermunculan. Namun sayang, hampir sebagian besar aturan dan imbauan itu dilanggar. Masyarakat dan banyak pejabat menganggap dua hal itu angin lalu.

Soal aturan menggunakan masker dan menjaga jarak, misalnya. Dua hal yang penting ini bahkan terus diabaikan. Di pasar-pasar, pemerintah tak kuasa melawan kehendak masyarakat yang berjualan.

Lapak-lapak dagangan masih terlihat berdekatan. Lebar gang dalam pasar juga tak berubah. Pedagang daging tetap berjualan dengan tenang tanpa memperhatikan pentingnya aturan menggunakan masker dan menjaga jarak. Semua berjalan seperti sebelum corona mewabah, seperti biasa.

Seharusnya sejak awal imbauan dan aturan itu dilaksanakan berbarengan dengan sanksi. Sebelum melarang para pedagang berjualan di pasar, atau memastikan para pedagang berjualan di lapak-lapak yang berjauhan, pemerintah harusnya memberikan batasan dan mengultimatum para pedagang.

Jumlah pengunjung juga harusnya dibatasi. Jangan biarkan masyarakat berkumpul dalam jarak berdekatan di dalam pasar yang lembab. Pemerintah tak perlu ragu melarang orang untuk masuk sesuai dengan upaya pengurangan daya tampung pengunjung pasar.

Aparat pemerintah juga tak perlu beramai-ramai memberikan masker di tengah jalan. Atau bahkan mengenakannya langsung ke wajah penerima masker. Hal itu sangat berpotensi membahayakan penerima bantuan masker dan jelas-jelas mengabaikan anjuran untuk menjaga jarak. Jangan karena beraksi di depan kamera, semua aturan jadi buyar.

Aparat pemerintah harusnya bekerja cerdas untuk mengatasi penyebaran covid-19. Dengan demikian, mudah-mudahan, langkah itu juga ditiru oleh masyarakat. Jangan biarkan masyarakat jadi apatis dengan segala aturan dan imbauan hanya karena aparatur pemerintahan dan negara terus mempertontonkan hal-hal yang kontraproduktif dengan upaya penanggulangan pandemi.

Komentar

Loading...