Unduh Aplikasi

Dukung Salah Satu Cawagub, Kepala Ombudsman Aceh Dilaporkan ke Pusat

Dukung Salah Satu Cawagub, Kepala Ombudsman Aceh Dilaporkan ke Pusat
Surat laporan yang dikirimkan KAKA ke Kepala Ombudsman RI Pusat Foto: Ist
BANDA ACEH - Ketua Komunitas Antikorupsi Aceh (KAKA) telah resmi melaporkan Kepala Ombudsman Provinsi Aceh Taqwaddin ke Ombudsman RI Pusat. Pasalnya Taqwadin dinilah telah melanggar kode etik Ombudsman dimana kepala Ombudsman selaku pejabat publik tidak boleh memihak serta sengarahkan pasangan kandidat tertentu untuk maju di pilkada mendatang.

Dalam pemberitaan salah satu media lokal Aceh, Taqwaddin menyatakan mendukung salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dan sekaligus juga petinggi Partai Golkar di Aceh untuk menjadi bakal calon wakil gubernur dari Irwandi Yusuf.

Baca: Dukung Salah Satu Cawagub, Kepala Ombudsman Aceh Diminta Mundur

"Surat sudah kami kirimkan tadi dengan nomor 021/B/KAKA/VIII/2016, dengan perihal pelaporan pelanggaran," kata Azis Awee kepada AJNN, Rabu (3/8).

Seharusnya, kata Azis, selaku Kepala Ombudsman Aceh tidak terlibat dalam politik praktis, apalagi telah mendukung calon tertentu untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

"Kepala Ombudsman adalah lembaga yang memantau proses tertib adminstrasi pemerintahan bukan mendukung calon tertentu di pilkada. Kami meminta Kepala Ombudsman RI Pusat untuk mengevaluasi kepala Ombudsman Perwakilan Aceh terkait pemberitaan tersebut apakah melanggar kode etik atau tidak," ujarnya.

Azis menambahkan, walaupun dalam pemberitaan tersebut Taqwaddin hanya sebagai warga Darussalam, namun posisi beliau sebagai Ketua Ombudsman Aceh itu melekat pada dirinya.

"Sebagai pejabat negara, Taqwaddin harus menahan komentar yang partisan. Karena ini akan mengakibatkan independensi, kredibilitas, serta integritas Ombudsman Aceh diragukan," tegasnya.

Komentar

Loading...