Unduh Aplikasi

BELAJAR DARI VIETNAM ATASI COVID-19

Dubes Ibnu Hadi: Jika Ada yang Terpapar Dilakukan Isolasi Lokal 14 Hari

Dubes Ibnu Hadi: Jika Ada yang Terpapar Dilakukan Isolasi Lokal 14 Hari
YM Ibnu Hadi, Duta Besar Indonesia, untuk Vietnam. Foto: Ist

Kisah sukses Vietnam tangani Covid-19 melalui zoom meeting disampaikan oleh YM Ibnu Hadi, Duta Besar Indonesia, untuk Vietnam.

Ia mengatakan Vietnam merupakan negara yang berbatasan langsung, atau  line border dengan China, sebagai tempat asal bermulanya virus Corona.

Sejak awal virus mewabah, negara ini, pada Januari, langsung melakukan penutupan, sekolah, rumah ibadah, fasilitas pariwisata, transportasi lokal, dan penerbangan domestik dan international.

Selama pandami covid-19, tidak ada kasus lokal transmisi, semua kasus yang terjadi adalah imported case. Dan negara menerapkan skema sosial economic untuk warga terdampak, yakni dengan memberikan bantuan 600 ribu kepada setiap warga selama 6 bulan, dan 1,8 juta kepada masyarakat yang terdampak PHK akibat isolasi.

Kemudian, kata dia, memasuki tiga bulan pasca penutupan total, sejak April, Pemerintah Vietnam, mulai memberlakukan pembukaan terbatas terhadap sebagai fasilitas yang telah ditutup sebelumnya.

"Begitu juga dengan penerbangan, hanya domestik flight yang dibuka," ujarnya.

Selanjutnya pada Mei 2020, seluruh aktivitas dibuka penuh, dan bahkan, liga Vietnam telah dimulai pada bulan tersebut.

Sejak Mei 2020, kata Hadi, Vietnam memasuki fase New Normal, dan langsung menggenjot sektor ekspor, seperti beras, dan alat kesehatan, seperti face mask.

Perbedaan mendasar dalam memudahkan penanganan Covid-19, negara berkuasa penuh, dan tidak ada ruang berbeda pendapat di Vietnam. Dan rakyatnya patuh terhadap amaran negara.

Jika ada kasus transmisi lokal di Vietnam, karena, jika ada kasus corona,  pemerintah langsung bertindak, daerah itu diisolasi 14 hari, dan semua penduduk disekitar di rapid test.

"Dan tidak boleh keluar dari lokasi selama berlangsungnya isolasi. Warga yang kena isolasi diberikan makanan, dan tidak boleh keluar rumah. dan warga yang terpapar covid langsung di trace, ketemu siapa saja, dan pergi kemana saja dalam beberapa hari terakhir, " ungkapnya.

Selain itu juga, negara menetapkan aturan, keringanan biaya sewa gedung, untuk para pelaku usaha, yakni menurunkan hingga 50 persen dari harga.

"Yang menarik, nol kasus kematian di Vietnam, dalam wabah Covid-19 ini. Dan nol lokal transmisi," ujarnya.

Komentar

Loading...