Unduh Aplikasi

Dua Warga Aceh Tamiang Positif Corona, Satu Sembuh dalam Sembilan Hari

Dua Warga Aceh Tamiang Positif Corona, Satu Sembuh dalam Sembilan Hari
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH TAMIANG - Tim gugus tugas percepatan dan pengendalian corona virus (Covid-19) Kabupaten Aceh Tamiang dan sejumlah masyarakat dikejutkan atas keluarnya hasil pemeriksaan swab yang menyatakan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Aceh Tamiang berinisial MAH kembali positif terpapar virus corona, Jum'at (1/5).

Padahal satu hari sebelumnya, yaitu Kamis (30/4), pasien asal Kecamatan Seruway ini telah dinyatakan negatif (bebas virus corona) bersama dua temannya, setelah diuji swab di Laboratorium Balitbang Kesehatan Aceh.

Mendapat hasil yang tidak diinginkan itu, tim gugus Covid-19 Aceh Tamiang kemudian melakukan kroscek dan menemukan bahwa hasil uji swab yang dinyatakan positif tersebut merupakan hasil uji swab yang spesimennya diambil pertama sekali saat pasien masih berada di RSUD Aceh Tamiang.

"Hasil uji swab spesimen yang pertama, keluarnya terlambat yaitu hari ini (Jum'at) dan menunjukkan bahwa pasien positif terpapar corona. Sementara hasil uji swab kedua dan ketiga dengan hasilnya negatif keluarnya pada Kamis kemarin," kata Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita dalam keterangan tertulis yang dikirim ke AJNN.

Menurut Agusliayana, itu menunjukkan bahwa pasien telah sembuh, meski sempat terpapar virus corona dari hasil pemeriksaan swab yang pertama.

Karena, kata dia, spesimen pertama dari pasien itu diambil di RSUD Aceh Tamiang pada Kamis 23 April 2020. Namun sampel spesimennya agak terlambat di kirim ke Banda Aceh, sehingga duluan sampai pasien ke Banda Aceh yang dirujuk pada Jum'at 24 April 2020.

"Tiba di RSUDZA Banda Aceh, pasien itu kembali diambil spesimen yang kedua dan yang ketiga untuk diuji di lab. Padahal yang pertama telah diambil namun belum diuji, karena terlambat sampainya," kata Agusliayana Devita yang akrab disapa Devi itu.

Baca: Satu Warga Aceh Tamiang Positif Corona, Pemkab: Tolong Jangan Kucilkan Keluarganya

Karena telah dinyatakan negatif hasil swab kedua dan ketiga, berarti pasien tersebut sembuh dari virus corona sebelum sepuluh hari.

"Apa yang dialami oleh pasien berkode PDP 04 itu menjadi bukti bahwa Covid-19 bisa sembuh dengan imunitas yang tinggi, disiplin menerapkan protokol kesehatan dan berdoa," kata Devi.

Data covid-19 di Aceh Tamiang saat ini, tambah Devi, masih ada Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 10 orang, selesai pemantauan 83 orang, PDP yang masih di RSUDZA Banda Aceh 2 orang, PDP sembuh dan telah diperbolehkan pulang 3 orang, terkonfirmasi positif 2 orang, satu masih dirawat di RSUDZA Banda Aceh dan satu lagi telah sembuh.

Komentar

Loading...