Unduh Aplikasi

Dua Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KIP Agara Dituntut Berbeda

Dua Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KIP Agara Dituntut Berbeda
Sidang tuntutan korupsi dana hibah Pilkada KIP Agara. Foto: AJNN/Tommy.

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut dua terdakwa dana hibah pemilihan kepala daerah pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara (Agara) secara berbeda.

Terdakwa Irwandi Ramud selaku sekretaris KIP Agara dituntut pidana penjara dua tahun sedangkan terdakwa Dikki Suprapto selaku bendahara pengeluaran dituntut satu tahun enam bulan penjara.

Tuntutan tersebut dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Edwardo dari Kejari Aceh Tenggara dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Banda Aceh, Senin (31/5/2021).

Sidang yang diketuai majelis hakim Nurmiati tersebut berlangsung secara virtual. Para Terdakwa  mengikuti persidangan secara teleconfrence dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) setempat.

Dalam tuntutannya, penuntut umum menyebutkan dari fakta persidangan, para terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan melawan hukum menguntungkan diri sendiri atau orang lain, penyalahgunaan wewenang yang merugikan keuangan negara Rp909 juta.

Para terdakwa juga dituntut membayar denda masing-masing Rp50 juta subsidair tiga bulan penjara.

"Terdakwa melanggar Pasal 3 Jo. Pasal 18 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata penuntut umum.

Selain itu dalam tuntutannya, menetapkan uang tunai sebesar Rp909 juta yang dikembalikan oleh para Terdakwa pada tahap penyidikan dinyatakan sebagai pengganti kerugian keuangan negara dan dirampas untuk Negara.

"Menetapkan para terdakwa tetap ditahan," ucap penuntut umum.

Usai mendengarkan tuntutan dari penuntut umum, kedua terdakwa melalui penasihat hukumnya Kasibun Daulay memohon waktu satu minggu untuk menyusun nota pembelaan atau pledoi pada persidangan selanjutnya yang digelar pada 7 Juni 2021.

Komentar

Loading...