Unduh Aplikasi

Dua PAW Komisioner KIP Agara Resmi Dilantik

Dua PAW Komisioner KIP Agara Resmi Dilantik
Pelantikan PAW Komisioner KIP Agara. Foto: untuk AJNN.

ACEH TENGGARA - Dua Pengganti Antar Waktu (PAW) Komisioner Komisi Indenpenden Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) untuk sisa masa jabatan 2019-2024, resmi di Lantik. Pelantikan dan sumpah jabatan di pimpin langsung oleh Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, Jumat (8/1/2021) di Oproom Setdakab Agara.
 
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dua PAW tersebut dilaksanakan berdasarkan peraturan dan Surat Keputusan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pengangkatan PAW anggota KIP Aceh Tenggara oleh KIP Provinsi Aceh periode 2019-2020.

Mereka yang dilantik adalah Sufriadi dan Muhammaddin, kedua orang mengantikan posisi Hasrunsyah dan Prastya Andika Syahputra yang diberhentikan terkait pelanggaran kode etik dan pemalsuan dokumen kependudukan pada saat perekrutan anggota KIP pada Juni 2018.

Bupati Agara, Raidin Pinim dalam sambutannya menyampaikan bahwa KIP sebagai lembaga penyelenggara pemilihan telah diikat dengan tatanan etika yang sangat ketat.  

Menurutnya dari sekian banyak lembaga negara yang ada di Indonesia, lembaga KPU/KIP dan BAWASLU termasuk lembaga yang paling baik dalam penegakan kode etik di samping lembaga KPK.

Untuk itu menurut Raidin, amanah dan kepercayaan yang telah di berikan harus dibarengi dengan tanggung jawab kepada Tuhan, masyarakat dan Negara  untuk melayani setiap warga negara yang menyalurkan hak untuk dipilih dan hak untuk memilih.

"Komisioner KIP selaku penyelenggara Pemilu, harus menjaga etika dan prilaku, dalam bertugas sesuai yang di amanahkan, selain itu, menjadi penyelenggara Pemilu harus siap dipantau, dikritik, dicaci dan disanjung oleh masyarakat," sebut Raidin.

Dipelaksanaan pelantikan PAW KIP Agara tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda, Asisten I, Ketua Komisi A DPRK Agara, Komisioner KIP dan Ketua Bawaslu Aceh Tenggara serta undangan lainnya.

Sementara itu, salah satu komisioner KIP Aceh tenggara, Kaman Sori kepada AJNN  mengatakan kalau dirinya berharap dengan adanya rekan anggota yangbaru, KIP Agara sudah bisa mengambil keputusan dalam saat rapat pleno.

"Selamat bagi rekan yang baru dilantik, dengan adanya rekan-rekan yang baru kita harap KIP Agara sudah bisa mengambil keputusan dalam rapat pleno, karena selama ini keputusan rapat pleno diambil alih oleh KIP provinsi," ungkapnya.

RIKI

Komentar

Loading...