Unduh Aplikasi

Dua Kapal Peti Kemas Masuk Pelabuhan Malahayati

Dua Kapal Peti Kemas Masuk Pelabuhan Malahayati
BANDA ACEH - Dua kapal peti kemas asal Tanjong Priok yang mengangkut bahan- bahan kebutuhan pokok masuk di Pelabuhan Malahayati, Krueng Raya Aceh Besar. Masuknya dua kapal peti kemas tersebut disambut oleh Gubernur Aceh serta instansi tekait.

Direktur Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, Bambang Eka Cahyana pelayaran peti kemas dan bongkar muat perdana di pelabuhan Malahayati tersebut merupakan bagian dari komitmen pelindo dalam mendukung program tol laut.

"Pengembangan Pelabuhan Malahayati sejalan dengan program sejalan dengan program pemerintah pada pengembangan jaringan maritim nasional," katanya, Jumat (5/8).

Dikatakannya, saat ini Pelabuhan Malahayati memiliki dermaga dengan panjang 384 meter dan dapat menampung tiga kapal ukuran 100 meter dengan muatan 300 teus peti kemas sekaligus.

"Pelabuhan juga didukung dengan satu unit Mobile Habour Crane (MHC) alat bongkar muat yang digunakan untuk mendukung kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan itu," ungkapnya.

Untuk sementara ini, kata dia terminal Pelabuhan Malahayati akan melayani angkutan peti kemas domestik dengan dua perusahaan yakni Tempura Emas Lines dan Kanaka Lines yang melakukan bongkar muat dua kali dalam satu bulan.

"Saat ini bongkat muat sebulan dua kalk dengan rute Tanjong Priok-Belawan-Malayahati," ujarnya.

Sementara Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan datangnya peti kemas merupakan langkah awal bagi Pemerintah Aceh dalam upaya mengembangkan pelabuhan Malahayati sebagai pelabuhan peti kemas di wilayah Aceh.

"Mudah-mudahan pelayaran ini dapat terus berkembang dalam rangka mendorong pertumbuhan dan aktivitas ekonomi masyarakat nantinya," harap Zaini Abdullah.

Komentar

Loading...