Unduh Aplikasi

Dua Kapal Pesiar Singgah di Sabang

Dua Kapal Pesiar Singgah di Sabang
Dua kapal pesiar singgah di Kota Sabang. Foto: Ist

SABANG - Pelabuhan CT 3 BPKS Sabang kembali disinggahi dua kapal pesiar. Kali ini, 2.321 orang turis dari berbagai negara tumpah di dermaga Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang.

Dua kapal tersebut terdiri dari Kapal Seabourn Ovations, Nassau, berbendera Bahamas bersandar pukul 06.20 WIB dan direncanakan akan meninggalkan Kota Sabang pukul 15. 20 WIB menuju Phuket Thailan. Sedangkan kapal Tui Discovery berbendera Kolombia bersandar pukul 07.05 WIB dan direncanakan akan meninggalkan kota Sabang 18.00 WIB menuju Phuket Thailan.

2.321 turis yang tumpah ke kota Sabang ini melalui proses penyambutan dengan tarian ranup lampuan. Prosesi penyambutan ini dilakukan oleh pihak BPKS serta Pemerintahan Kota Sabang.

Selepas penyambutan, para turis ini mengunjungi sejumlah objek wisata dengan menggunakan angkutan seperti becak motor serta angkutan umum lainnya. Para turis ini menghabiskan waktu kunjungannya di pantai iboih, kilometer nol, Gapang, serta mengelilingi pembelanjaan pusat kota Sabang.

“Kali ini kita kedatangan turis yang di bawa oleh kapal pesiar Tui Discovery dengan jumlah penumpang 1.752 orang dan 569 orang diangkut dengan kapal MS Seabourn Ovation," ungkap Kepala Pelabuhan BPKS Sabang, Zulkarnaini Abdullah.

Momen penting ini menambah suasa Kota Sabang sebagai salah satu destinasi wisata kapal pesiar lebih menggeliat. Para turis terlihat di seputaran lokasi pembelanjaan kota mengeluarkan uangnya. Mereka berbelanja barang dan sovenir. Pedagangpun meraup banyak dollar dari para turis ini.

Salah seorang pedagang sovenir mengaku omsetnya meningkat pada saat adanya turis kapal pesiar.

“Satu hari bisa meraup keuntungan higga jutaan rupiah saat turis ini singgah ke tampat kami,” ungkap Saudi, pedagang sovenir.

Selain itu, Zulkarnaini mengungkapkan pada tahun ini sudah enam kapal pesiar singgah di Kota Sabang. Dampaknya bisa dirasakan oleh para pedagang, tukang becak, serta pengusaha sektor pariwisata.

“Seratusan juta rupiah berputar uang yang dibelanjakan oleh para turis ini," katanya.

Ia juga merencanakan terus menarik minat wisatawan kapal pesiar (cruise) dan kapal layar (yacht) untuk terus berkunjung ke Kota Sabang. Untuk tahun depan, ia mengungkapkan mengaku sudah ada 10 kapal sesiar yang dijadwalkan masuk ke Sabang.

Aceh UMKM Expo 2019
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh

Komentar

Loading...