Unduh Aplikasi

BUPATI ACEH BESAR DAN WALI KOTA SABANG

Dua Kali Kirim Surat Minta Usman Arifin Dilantik Jadi Kepala BPKS

Dua Kali Kirim Surat Minta Usman Arifin Dilantik Jadi Kepala BPKS
Logo BPKS: Foto: Net

BANDA ACEH - Bupati Aceh Besar dan Wali Kota Sabang, selaku anggota Dewan Kawasan Sabang (DKS) sudah mengirimkan usulan Kepala BPKS, kepada Plt Gubernur Aceh, selaku Ketua DKS.

Nama yang diusul adalah Usman Arifin, untuk dilantik menjadi Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (BPKS).

Bupati Aceh Besar mengirimkan surat usulan itu pada tanggal 11 Mei 2020, dengan nomor 1999/2020 bersifat rahasia, dengan perihal usulan Bupati Aceh Besar terhadap pelantikan definitif Kepala BPKS.

Surat Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali. Foto: Dok AJNN

Kemudian, Wali Kota Sabang, Nazaruddin juga mengirimkan surat kepada Plt Gubernur Aceh. Surat itu bernomor 800/2681, tertanggal 4 Mei 2020 dengan perihal Rekomendasi Wali Kota Sabang terhadap usulan Kepala BPKS.

Isi surat kedua anggota DKS itu sama, yakni meminta kepada Plt Gubernur Aceh untuk mempertimbangkan agar melantik Usman Arifin sebagai Kepala BPKS.

Surat yang dikirimkan itu merupakan surat kedua. Dimana pada 2018 lalu, keduanya juga pernah mengirimkan surat yang sama agar melantik Usman Arifin sebagai Kepala BPKS. Namun tidak ditindaklanjuti oleh Plt Gubernur Aceh.

Terakhir, Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin juga ikut menyurati Plt Gubernur Aceh untuk segera melantik Usman Arifin sebagai Kepala BPKS.

Surat Wali Kota Sabang, Nazaruddin. Foto: Dok AJNN

Surat Ketua DPRA itu sesuai dengan surat rekomendasi dari Bupati Aceh Besar dan Wali Kota Sabang terkait usulan Kepala BPKS. Surat Ketua DPRA itu tertanggal 6 Mei 2020, dengan nomor 161/990, dengan perihal rekomendasi DPRA terhadap usulan Kepala BPKS yang diteken oleh Dahlan Jamaluddin.

Baca: Timsel Umumkan 15 Calon Manajemen BPKS yang Lulus Administrasi

Anehnya kini sudah beredar kabar kalau DKS telah mengantongi nama calon kepala, wakil kepala dan para deputi untuk ditetapkan dan akan dilantik sebagai manajemen baru BPKS.

Adapun inisial nama-nama yang akan ditetapkan dan dilantik sebagai manajemen baru BPKS Iskandar Zulkarnain (Calon Kepala), Teuki Zanuarsyah (Calon Wakil Kepala), Abdul Manan (Deputi Umum), Erwanto (Deputi Komersial), Azwar Husen (Deputi Teknik), Zamzami (Deputi Pengawasan).

Nah, dari enam orang tersebut, hanya satu orang yang pernah ikut seleksi pada tahun 2019 lalu yakni Zamzami.

Surat Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin. Foto: Dok AJNN

Kalau memang nama-nama itu benar, maka dipastikan nama-nama itu tidak dipilih melalui proses seleksi atau uji kepatutan dan kelayakan secara terbuka.

Bahkan, informasi yang diterima AJNN, nama-nama tersebut sudah dikirimkan ke DPRA untuk dimintakan pertimbangan pimpinan DPR Aceh. Kalau sudah mendapatkan pertimbangan dari pimpinan DPRA, maka Plt Gubernur selaku Ketua DKS bisa segera melantik nama-nama tersebut.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali ketika dikonfirmasi AJNN terkait nama-nama yang beredar itu tidak membalas pesan singkat yang dikirimkan via WhatshAp.

Sementara, Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengaku belum menandatangani surat atas nama-nama tersebut.

"Saya selaku DKS belum menandatangani hal tsb. Bila ada info lanjut saya hubungi lagi," kata Nazaruddin, Selasa (21/7).

Komentar

Loading...