Unduh Aplikasi

Dua DAS di Abdya Bisa Hasilkan Sumber Listrik

Dua DAS di Abdya Bisa Hasilkan Sumber Listrik
Ilustrasi. Foto: Net.
ACEH BARAT DAYA - Dalam dua tahun terakhir ini, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di bawah kepemimpinan Bupati Jufri Hasanuddin terus berupaya menggali potensi alam yang mengandung energi, misalkan saja pemamfaatan energi air menjadi sumber tenaga listrik. Hal itu sebagai bentuk keseriusan pemkab setempat menyahuti pogram nasional.

“Ada sejumlah potensi alam yang bisa gali di Abdya, seperti di kecamatan Blangpidie, Lembah Sabil dan Kecamatan Babahrot. Ketiga kecamatan tersebut memiliki sumber air yang bisa dimamfaatkan untuk tenaga listrik,” ungkap Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Abdya, Ikhsan kepada AJNN, Selasa (26/4).

Ia menambahkan, untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) di Blangpidie dan Lembah Sabil, pihak dinas telah melakukan survei, yang menghasilkan tenaga listrik sebesar 40 KW.

“Potensi itu sudah memiliki DED yang telah selesai dibuatkan pada 2015 tahun lalu, dan kami sudah melakukan pendekatan dengan pihak dirjen konservasi energy di Jakarta, dan daerah sudah diminta persiapan administerasinya,” imbuhnya.

Saat disingung tentang realisasi pogram tersebut, Ihksan mengatakan akan berupaya agar bisa terbangun tahun ini, dengan anggaran yang bersumber dari APBN, sementara pemda hanya membantu memfasilitasi saja.

“Pemamfaatan sumber alam di Abdya sepantas didukung oleh semua pihak, agar cepat terealisasi. Sebab jika kedua terbangun sudah dipastikan dapat membantu kekurangan daya di wilayah ini yang selama mengalami kekurangan, untuk itu besar harapan kami agar pemerintah pusat respek dengan apa yang kita ajukan," jelas ihksan.

Selain dua sungai tersebut, Ihksan juga menjelaskan satu sungai yang bisa menghasilkan arus listrik lebih besar, menurut hasil survei yang telah dilakukan beberapa waktu lalu, Daerah Aliran Sungai Krueng Babahrot bisa mengahasilkan tenaga listrik di atas 40 MGW, ini menjadi sumber terbesar yang dimiliki Abdya.

“Jika ada pihak ketiga yang mau memamfaatkan sumber air menjkadi tenaga listrik, pihaknya akan membantu mempermudah dalam hal pengurusan administrasi,” ungkapnya

Komentar

Loading...