Unduh Aplikasi

Dramatis, Barca sukses jinakkan Valencia

Dramatis, Barca sukses jinakkan Valencia
0000199577
Barcelona sukses meraup poin penuh di Mestalla, Senin (01/12) setelah berhasil mengalahkan tuan rumah Valencia dengan skor tipis 0-1.

Laga tersebut berlangsung keras dan menimbulkan beberapa kejadian kontroversial. Barca sendiri sempat mencetak gol melalui Luis Suarez. Namun gol itu dianulir karena pemain Uruguay itu dianggap dalam posisi offside. Blaugrana akhirnya bisa pulang dengan tiga poin setelah Sergio Busquets mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan tersebut.

Valencia dan Barcelona langsung bermain dengan tempo tinggi sejak wasit memulai laga babak pertama. Keduanya silih berganti melakukan serangan walau kerap kandas di area pertahanan lawan masing-masing.

Karena mengusung permainan dalam tempo tinggi itulah, benturan-benturan keras di antara penggawa kedua klub itu kerap terjadi. Tensi permainan pun naik dengan cepat. Bahkan, Jeremy Mathieu langsung mendapat kartu kuning pada menit ke-7.

Peluang pertama didapatkan oleh Barca pada menit ke-14. Umpan Busquets diteruskan oleh Neymar kepada Suarez. Namun, tendangan pemain asal Uruguay itu masih bisa dimentahkan oleh Alves.

Lalu, giliran Valencia yang mengancam Barca pada menit ke-31. Sepak pojok tuan rumah gagal dihalau Neymar dan jatuh ke kaki Dani Parejo. Namun, sepakan gelandang tersebut masih melambung.

Los Che kembali mengancam sesaat sebelum laga babak pertama berakhir. Serangan balik mereka membuat Gomes berhasil masuk ke kotak penalti Barca. Ia berhasil melewati hadangan Bravo dan melepas sepakan dengan kaki kirinya. Namun, bola masih menerpa sisi kanan gawang Blaugrana saja.

Skor 0-0 tetap bertahan hingga turun minum.

Laga di babak kedua tak jauh berbeda dengan di babak pertama. Tempo permainan masih cukup tinggi dan tensi laga masih cukup tinggi.

Barcelona mendapatkan dua peluang berturut-turut melalui Suarez pada menit ke-57 dan 58. Yang pertama, sundulannya di tiang jauh melenceng dari sasaran. Yang kedua, sepakan mantan pemain Liverpool itu justru menerpa tiang gawang.

Tiga menit berselang, peluang emas didapatkan oleh Valencia. Mustafi meneruskan sepak pojok rekannya dan bola pun jatuh di tiang jauh, tepat di kaki Rodrigo. Ia pun menendang bola ke sisi gawang yang tak terjaga. Akan tetapi, Pique kemudian muncul dan menyapu bola tersebut sebelum melewati garis gawang.

Di menit ke-70, pendukung Barca sempat bersorak senang setelah Suarez berhasil menjebol gawang Los Che. Namun, ternyata gol itu dianulir wasit karena El Pistolero dianggap offside terlebih dahulu.

Valencia pun merespon dengan menghadirkan ancaman dua menit berselang melalui serangan balik yang dimotori Negredo. Penyerang asal Spanyol itu kemudian mengumpankan bola pada Feghouli di sisi kiri pertahanan Blaugrana. Pemain asal Aljazair itu kemudian menendang bola dari dalam kotak penalti. Namun, Bravo dengan cemerlang bisa menggagalkan peluang tersebut.

Di menit ke-79, Bravo kembali dipaksa bekerja keras. Ia harus bereaksi secepat kilat demi menahan sepakan Alvaro Negredo yang mengarah ke kanan bawah gawangnya.

Setelah itu, Barca sukses mengurung pertahanan sang tuan rumah setelah Luis Enrique melakukan dua pergantian pemain. Namun, hingga menit ke-93, masih tak ada gol yang tercipta.

Publik Mestalla kemudian justru tertunduk lesu pada menit ke-94. Serangan Barca akhirnya membuahkan hasil. Umpan crossing Lionel Messi dari sisi kiri pertahanan Los Che masuk ke tiang jauh dan ditanduk oleh Neymar. Bola bisa ditahan dengan sempurna oleh Diego Alves. Namun, bola muntah langsung disambar oleh Busquets. Barca pun akhirnya unggul 0-1.

Gol itu menjadi penutup laga yang berlangsung panas tersebut. Dengan tambahan tiga poin itu, Barca kini mengoleksi 31 poin dan naik satu strip ke posisi kedua, menggeser Atletico Madrid. Sementara itu, Valencia tertahan di peringkat lima dengan koleksi 24 poin dari 13 laga.

Susunan Pemain:
Valencia (4-3-3): Diego Alves; Barragan, Otamendi, Mustafi, Gaya; Fuego, Parejo (Filipe), Andre Gomes; Feghouli, Negredo (Alcacer), Rodrigo (de Paul).

Barcelona (4-3-3): Bravo; Dani Alves, Pique, Mathieu (Rakitic), Jordi Alba; Xavi (Rafinha), Busquets, Mascherano; Neymar, Messi, Suarez (Pedro).

Statistik Pertandingan Valencia - Barcelona:
Penguasaan bola: 29% - 71%
Shots (on goal): 12 (4) - 11 (3)
Corner: 5 - 8
Pelanggaran: 10 - 9
Offside: 3 - 5
Kartu kuning: 3 - 4
Kartu merah: 0 - 0.


BOLA

Komentar

Loading...