Unduh Aplikasi

DPRK Galus: Ruas Jalan Blangkejeren - Abdya Urat Nadi Perekonomian Masyarakat

DPRK Galus: Ruas Jalan Blangkejeren - Abdya Urat Nadi Perekonomian Masyarakat
Anggota DPRK Gayo Lues, Tgk Said Ahmad (baju hitam) saat meninjau pembersihan timbunan tanah longsor. Foto: For AJNN

GAYO LUES - Pembangunan 11 proyek infrastruktur jalan terus mendapatkan dukungan, pembangunan beberapa ruas jalan tersebut diharapkan mampu memperpendek jarak tempuh dan memperlancar jalur distribusi komoditi pertanian di wilayah yang selama ini menjadi urat nadi perekonomian masyarakat Aceh terutama di daerah tengah.

Satu ruas jalan yang akan perbaiki adalah jalur Blangkjren - Tongra - Batas Aceh Barat Daya (Abdya), sepanjang 90,15 kilometer dan ruas jalan Babah Rot - Batas Gayo Lues, sepanjang 27,57 kilometer. Kedua ruas jalan ini mempunyai panjang total 117,72 kilometer. Jalan ini akan menghubungkan lintas tengah Aceh, dan kawasan Barat selatan.

Baca: Pembangunan Ruas 11 Jalan Prioritas, Muslizar MT: Menjawab Keinginan Masyarakat

Respon positif terkait rencana ini datang dari anggota DPRK Gayo Lues, Said Ahmad. Said Ahmad kepada AJNN menyebutkan bahwa perekonomian masyarakat Gayo Lues terutama yang berada di kawasan ini akan meningkatkan jika jalan tersebut benar - benar diperbaiki.

"Jalan mulai dari Blang Kejeren menuju Kuta Panjang, Blang Jeurango, Trangon adalah jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Jalan ini merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Gayo Lues. Ruas jalan ini menghubungkan langsung kabupaten Gayo Lues dengan Abdya," ujar Said Ahmad melalui sambungan telepon, Rabu (26/2/2020) dari Blang Kejeren, Gayo Lues.

Politisi Partai Aceh tersebut mengatakan kalau masyarakat di sana lebih mudah menjual hasil pertanian ke wilayah Abdya dan sejumlah wilayah Barat Selatan Aceh (Barsela) lainnya. Selain itu, jalur lalu lintas menuju ibukota provinsi Aceh, lebih dekat melalui jalan ini.

Baca: 11 Ruas Jalan akan Ditangani MYC

Pria yang merupakan anggota Fraksi Gayo Peduli di DPRK Gayo Lues tersebut menyampaikan bahwa perbaikan dan pembangunan jalan di kawasan ini benar-benar sangat dibutuhkan, jalan ini sering rusak terutama di kawasan Trangon dan Tongra, selain itu beberapa titik yang berdekatan dengan Abdya juga sering rusak.

"Apabila semua ini bisa segera ditangani dengan baik dan serius, maka jalur transportasi dari Blangkejeren menuju Abdya akan baik dan lancar," ujar Said menjadi anggota DPRK yang melalui Daerah Pemilihan (Dapil) II, yang meliputi Trangon, Tripe Jaya, Kuta panjang dan Blang Jeurango.

Mata pencarian masyarakat di kawasan yang di lintasi jalan ini adalah petani. Masyarakat di sana menanam cabe, bawang, dan Nilam. Selain itu mereka juga berkebun tanaman sereh wangi dan kemiri. Semua hasil pertanian tersebut dijual ke Abdya, Nagan Raya dan Meulaboh.

Baca: Bupati Gayo Lues: Jalan Kebutuhan Dasar Perekonomian Masyarakat

Said juga mengungkapkan bahwa saat menjual hasil pertanian, masyarakat memang melalui jalan tersebut, namun saat akan kembali ke Gayo Lues, mereka akan sedikit kesulitan, terutama di tanjakan yang bernama Singgah Mata.

Untuk itu sebagai anggota legislatif, dirinya berharap jalan tersebut menjadi prioritas utama yang akan dibangun oleh pemerintah Aceh, kalau bisa dalam kesempatan pertama.

Idul Fitri - Disdik
Idul Fitri - BPKA
Idul Fitri - ESDM Aceh
Idul Fitri - Disbudpar
Idul Fitri- Gubernur Aceh

Komentar

Loading...