Unduh Aplikasi

DPRK Aceh Barat Minta Daftar Penerima Bantuan Rumah Miskin Dilampirkan dalam RKA

DPRK Aceh Barat Minta Daftar Penerima Bantuan Rumah Miskin Dilampirkan dalam RKA

ACEH BARAT - Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat meminta pemerintah setempat untuk melampirkan nama penerima rumah bantuan miskin dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA).

Ketua DPRK Aceh Barat, Ramli SE, mengatakan mencuatnya permintaan adanya daftar lampiran penerima yang dimasukkan langsung kedalam RKA untuk menghindari terjadinya penyaluran yang tidak tepat sasaran.

“Kita minta dilampirkannya nama penerima bukan sekedar jumlah penerima dan anggaran, kita khawatir nantinya tidak tepat sasaran saat bantuan rumah disalurkan,” kata Ramli SE, kepada wartawan, Kamis, (10/11).

Kekhawatiran itu, kata dia, bukan tidak beralasan, saat anggaran telah dialokasikan selama ini pihaknya sering mendapat aduan dari masyarakat bahwa penerima bukan yang benar- benar berhak.

Dengan adanya daftar penerima yang langsung dimasukkan dalam RKA maka nantinya, kata dia, sebelum dilakukan pembahasan DPRK setempat akan membentuk tim Panitia Khusus (Pansus) guna memastikan apakah penerima sudah tepat sasaran atau belum.

“Jika hasil pansus tidak tepat sasaran maka nantinya kita akan sampaikan dirapat sehingga cepat ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Selain itu, DPRK setempat juga meminta agar daftar penerima beasiswa bagi putra daerah juga dilampirkan nama penerimanya, sehingga dapat dinilai bantuan beasiswa tersebut layak atau tidak menerimanya.

Dikatakan Ramli, permintaan tersebut juga untuk menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK).

Komentar

Loading...