Unduh Aplikasi

DPRK Aceh Barat Dukung Penuh Pembangunan 11 Ruas Jalan Prioritas

DPRK Aceh Barat Dukung Penuh Pembangunan 11 Ruas Jalan Prioritas
Ketua DPRK Aceh Barat, Syamsi Barmi. Foto: AJNN/Darmansyah Muda

ACEH BARAT - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Syamsi Barmi, mendukung penuh kebijakan Pemerintah Aceh, terkait pembangunan 11 ruas jalan prioritas yang menghubungkan berbagai kabupaten di Aceh.

Menurut pria yang akrab dipanggil Pang Romi ini, dengan adanya pembangunan 11 ruas jalan yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA)  Tahun Anggaran 2020-2022 itu, akan dapat meransang percepatan pembangunan ekonomi, karena akses ke beberapa kabupaten akan menjadi lebih mudah dan dekat.

“Dengan adanya program ini sudah bagus, dengan adanya pemerataan pembangunan di beberapa kabupaten. Program ini kami dukung, jadi maksudnya pembangunan seluruh kabupaten jadi merata,” kata Pang Romi kepada AJNN, Selasa, (18/2).

Baca: Pembangunan 11 Jalan Prioritas, Anggota DPRA: Benar-benar Program Aceh Hebat

Romi menegaskan, dengan adanya jalan lintas yang menghubungkan beberapa kabupaten, tentu akan mempermudah pengangkutan dan penjualan komoditas pertanian serta perikanan, yang selama ini sedikit mengalami kendala, akibat akses infrastruktur jalan yang belum maksimal.

Kendati demikian, Pang Romi mengingatkan Pemerintah Aceh, selain dengan program 11 ruas jalan prioritas, pemerintah provinsi juga harus mendongkrak ekonomi masyarakat, melalui program penciptaan lapangan kerja baru.

“Selain pembangunan jalan, kita harap juga menjadikan pembukaan lapangan kerja baru sebagai prioritas utama. Karena jika hanya membangun insfrastruktur, tanpa mencipta lapangan kerja baru akan kesulitan mendongkrak ekonomi menyeluruh,” sebutnya.

Baca: Bupati Bener Meriah Dukung Pembangunan 11 Ruas Jalan Prioritas

Adapun sebelas jalan perioritas yang dibangun Pemerintah Aceh pada tahun 2020 ini yakni meliputi ruas jalan Peureulak-Lokop-batas Gayo Lues, sepanjang 107,30 kilometer. Ruas jalan batas Aceh Timur-Pining-Blangkejeren, sepanjang 61,42 kilometer.

Ruas jalan Blangkejeren-Tongra-batas Aceh Barat Daya, sepanjang 90, 15 kilometer. Ruas jalan Babah Rot-batas Gayo Lues, sepanjang 27, 57 kilometer. Ruas jalan Jantho-Lamno batas Aceh Jaya, sepanjang 66, 33 kilometer. Ruas jalan Simpang Redelong-Pondok Baru-Samar Kilang, sepanjang 57, 08 kilometer.

Ruas jalan batas Aceh Timur (Simpang Jernih)-Karang Baru, Aceh Tamiang, sepanjang 43, 52 kilometer. - Ruas jalan Trunom-batas Aceh Singkil, sepanjang 51, 42 kilometer. Ruas jalan batas Aceh Selatan-Kuala Baru-Singkil Telaga, sepanjang 44, 93 kilometer. Ruas jalan Sinabang-Sibigo, sepanjang 92, 64 kilometer. - Ruas jalan Nasreuhe-Lewak-Sibigo, sepanjang 129, 42 kilometer.

Komentar

Loading...