Unduh Aplikasi

DPRA: Stop Datangkan TKA ke Aceh

DPRA: Stop Datangkan TKA ke Aceh
Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh Komisi V Tarmizi, SP. Foto: For AJNN

BANDA ACEH - Anggota DPRA dari Fraksi Partai Aceh meminta Dinas Tenaga Kerja Dan Mobilitas Penduduk Aceh untuk memastikan semua TKA yang baru tiba di PLTU Nagan Raya bisa dipastikan aman dari Covid-19 dan punya dokumen lengkap.

"Kami tidak anti asing, dalam pertemuan terakhir dengan Wakil Direktur MPG di DPRA dengan Komisi I dan Komisi V, sudah saya sampaikan itu, dan saya tegaskan kepada mereka agar stop mendatangkan TKA untuk ke depan. Tapi dilatih tenaga kerja lokal agar masyarakat kita punya kesempatan kerja," kata Tarmizi, Sabtu (29/8).

Untuk menghindari terjadinya cemburu sosial, dimana menonton orang luar negeri bekerja di Aceh, ia meminta untuk tidak mendatangkan lagi pekerja luar, latih tenaga kerja lokal agar mereka bisa punya kesempatan kerja.

Baca: Disnaker: 38 WNA yang Diusir Warga di Nagan Raya Tidak Memiliki Visa Bekerja

"Ke depan di PLTU 3 & 4 sudah saya minta Disnakermobduk Aceh untuk duduk dengan perusahaan menghitung jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. Tugas Pemerintah Aceh melalui dinas terkaituntuk melatih mereka sesuai dengan syarat yang ditentukan," ujarnya.

Ia mengaku akan akan perjuangkan anggaran untuk pelatihan tersebut. Apapun akan dilakukan demi terciptanya lapangan kerja bagi rakyat Aceh, terutama masyarakat yang di dapil 10 (Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya dan Simeulue).

"Kami tidak akan terus menerus membiarkan bebas masuk tenaga kerja asing ke Aceh. Alasan skill khusus untuk mesin kami terima, tapi untuk ke depan kami tidak akan terima lagi apapun alasannya," jelasnya.

Komentar

Loading...