Unduh Aplikasi

DPRA Sepakati 57 Prolegda untuk Lima Tahun

DPRA Sepakati 57 Prolegda untuk Lima Tahun
Gedung DPRA. Foto: Ist

BANDA ACEH - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menyepakati sebanyak 57 judul rancangan qanun untuk program legislasi daerah (Prolegda) lima tahunan.

Kesepakatan tersebut berdasarkan hasil rapat Badan Legislasi (Banleg) DPRA, Kamis (16/4), dihadiri Sekda Aceh, Asisten 1, Karo Hukum serta tujuh anggota anggap Banleg lainnya.

"Menyepakati 57 judul rancangan qanun untuk program legislasi 5 tahunan, periodesasi 2021-2024," kata Wakil Ketua Banleg DPRA, Bardan Sahidi saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (16/4).

Sedangkan untuk 2020, kata Bardan, terdapat 10 rancangan qanun prioritas, dan bakal segera diparipurnakan untuk mendapatkan persetujuan bersama. Kemudian, disebar ke enam komisi dan empat pansus DPRA.

"Pembahasan memang sudah terlambat, kemarin kendala tata tertib (tatib) dan menyusul Covid-19 ini. Dari ke 10 rancangan qanun ini, saya optimis 60-70 persen bisa diselesaikan," ujarnya.

Alasannya, menurut Bardan, karena banyak tahapan pembahasan yang sudah disederhanakan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, seperti rapat dengar pendapat umum (RDPU)  mungkin dilaksanakan melalui telekonferensi.

"Kemudian, konsultasi dan kunjungan ke luar daerah juga tidak mungkin lagi dilakukan. Mekanismenya akan diatur serapi mungkin sesuai dengan standar rapat Covid-19," ucapnya.

Bardan juga menyebutkan, dana yang didapatkan dalam proses atau tahapan pembahasan 10 qanun itu sebesar Rp 1,2 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2020.

"Saya masih sangat dan yakin sekali untuk kemudian qanun ini bisa dibahas ketika seluruh alat kelengkapan dewan (AKD) membahas dan mitra kerjanya bisa bersinergi bersama sama merumuskan regulasi yang sudah sangat ditunggu dan dibutuhkan masyarakat Aceh," tutur Politikus Partai PKS itu.

Komentar

Loading...