Unduh Aplikasi

DPRA Minta Plt Gubernur Juga Cek Kesiapan RS Cut Mutia

DPRA Minta Plt Gubernur Juga Cek Kesiapan RS Cut Mutia
Tarmizi SP bersama Komisi V DPRA saat mengecek kesiapan RS Cut Mutia. Foto: Ist

BANDA ACEH - Anggota DPRA Komisi V dari Fraksi Partai Aceh Tarmizi, SP mengapresiasi Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah yang ikut melihat langsung perkembangan Rumah Sakit Zainoel Abidin (RSUDZA) untuk persiapan menghadapi virus corona Civid-19.

Menurutnya kedatangan orang nomor satu Aceh itu sangat penting untuk melihat langsung bagaiamana kesiapan rumah sakit tersebut ketika menghadapi kasus yang mendunia itu.

"Setelah turun maka akan tahu apa yang kurang sehingga langsung ada sikap untuk memantapkan persiapan," kata Tarmizi SP, Jumat (13/3).

Sebelumnya, kata Tarmizi, jauh sebelum Nova Iriansyah turun ke rumah sakit, pihaknya sudah duluan melihat persiapan rumah sakit itu. Ternyata saat itu ditemukan kalau RSUDZA jauh dari kata siap untuk menangani pasien corona itu.

"Saat itu kami menemukan fakta bahwa RSUDZA belum begitu siap menghadapi pasien virus corona, misalnya ruangan belum siap, peralatan medis belum ada, hingga baju astronot untuk tim medis juga belum ada," ungkapnya.

Setelah itu, kata Tarmizi, pihaknya mendorong manajemen rumah sakit untuk segera melakukan persiapan untuk menangani pasien itu.

"Allhamdulillah sekarang sudah lebih siap dari sebelumnya," ujarnya.

Begitu juga dengan Rumah Sakit Cut Mutia, Aceh Utara, sebagai salah satu rumah sakit rujukan virus corona yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan. Ia menilai rumah sakit milik Pemkab Aceh Utara itu juga belum begitu siap.

"Kami minta Plt Gubernur Aceh juga turun melihat langsung persiapan di RSUD Cut Mutia, sehingga akan tahu kesiapannya dan nanti akan ada sikap untuk mempercepat proses persiapan," tegasnya.

Selain itu, politisi Partai Aceh itu mengimbau kepada seluruh rakyat Aceh agar tidak panik dengan virus corona. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Kesehatan bahwa virus mematikan itu merupakan self limited disease atau penyakit yang akan sembuh sendiri.

"Namun kita tetap harus waspada, selalu jaga kesehatan dan kebersihan. Salah satunya selalu mencuci tangan. Mari berdoa agar tidak ada rakyat Aceh yang suspect virus corona," ujarnya.

Komentar

Loading...